Main Article Content

Abstract

Perilaku menyontek sudah menjadi permasalahan yang umum didalam sistem pendidikan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan prokrastinasi akademik dengan perilaku menyontek siswa. Penelitian ini termasuk pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain korelasional. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa SMA Islam Sudirman Jumlah Siswa tersebut adalah 191. Pada penelitian ini yang diambil yaitu 30 untuk tryout dan 161 untuk posttest. Berdasarkan hasil penelitian tentang “Hubungn Antara Prokrastinasi Akademik Terhadap Perilaku Menyontek Siswa SMA Islam Sudirman Tanggungharjo” dapat simpulkan bahwa perilaku menyontek siswa di SMA Islam Sudirman Tanggungharjo memiliki tingkat kategori tinggi dengan persentase 82%. Sementara prokrastinasi akademik siswa di SMA Islam Sudirman Tanggungharjo pada kategori tinggi dengan persentase 72%. Berdasarkan intepretasi koefisien korelasi di atas maka nilai adalah 0,933 berada pada hubungan yang sangat kuat sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa prokrastinasi akademik dengan perilaku menyontek memiliki hubungan yang sangat kuat. Sehingga Siswa harus memiliki prokrastinasi akademik negatif karena akan mempengaruhi perilaku menyonteknya.


 

Keywords

perilaku menyontek, Prokrastinasi

Article Details

How to Cite
Apriliana, V., Dini Rakhmawati, & Farikha Wahyu Lestari. (2023). Hubungan Antara Prokrastinasi Akademik Terhadap Perilaku Menyontek Siswa SMA Islam Sudirman Tanggungharjo. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 1-7. https://doi.org/10.24905/jcose.v6i1.146

References

  1. Cizek, G. J. (1999). Cheating on tests: How to do it, detect it, and prevent it. Routledge.
  2. Dimas Pradana, F. N. (2018). Hubungan Antara Orientasi Keberagamaan dan Perilaku Mencontek pada Mahasiswa. 0274, 1–16.
  3. Ghufron, M, N dan Risnawita, R. (2012). Teori-teori psikologi. Jogjakarta: AR-Ruz Media.
  4. Hartanto, & Dody. (2012). Bimbingan dan Konseling: Menyontek Mengungkap Akar Masalah dan Solusinya. Jakarta : Indeks.
  5. Jones, D. L. R. (2011). Academic dishonesty: Are more students cheating? Business Communication Quarterly, 74(2), 141–150. https://doi.org/10.1177/1080569911404059
  6. Lauren, Y. (2019). Perilaku Menyontek Ditinjau dari Konsep Diri Akademik Pada Siswa Siswi SMA Swasta Budaya Medan. Jurnal Wahana Inovasi, 8(2).
  7. Mubarok, P. P. (2009). Efektivitas Konseling Kognitif-Perilaku Dalam Mengurangi Perilaku Mencontek Siswa Kelas V Sekolah Dasar : Pra-Eksperimen pada Siswa Kelas V SD Negeri Raya Barat 2 Kota Bandung Tahun Ajaran 2009/2010. Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.
  8. Nafeesa, N. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Siswa yang Menjadi Anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 4(1), 53. https://doi.org/10.24114/antro.v4i1.9884
  9. Nurmayasari, K., & Murusdi, H. (2015). Hubungan antara Berpikir Positif dan Perilaku Menyontek pada Siswa Kelas X Smk Koperasi YOGYAKARTA. Empathy, 3(1), 8–15.
  10. Sahin, A., Sugiyo, S., & Sunawan, S. (2022). Differences in Academic Dishonesty Viewed from Gender and School Majors. Jurnal Bimbingan Konseling, 11(3), 233–238.