Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal dengan Teknik Jigsaw terhadap Kemampuan Regulasi Diri Siswa Kelas VII SMP Kesatrian 1 Semarang

Main Article Content

Azmi Khanunin Ni'mah
Eka Sari Setianingsih
Farikha Wahyu Lestari

Abstract

Penelitian pengaruh layanan bimbingan klasikal dengan teknik jigsaw terhadap kemampuan regu;asi diri siswa kelas VII SMP Kesatrian 1 Semarang ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang mengalami rendahnya regulasi diri pada setiap siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan klasikal dengan teknik jigsaw terhadap kemampuan regulasi diri siswa. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Kesatrian 1 Semarang dengan jumlah siswa 94. Pada penelitian ini diambil dalam satu kelas dengan jumlah 26 siswa yang dilakukan untuk tryout. Sampel dalam penelitian ini yaitu 70 siswa yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Metode penelitian ini menggunakan pre eksperimental design dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Dalam penelitian ini disebarkan angket yang harus diisi oleh siswa sebelum adanya perlakuan dengan menggunakan layanan bimbingan klasikal dengan teknik jigsaw sebanyak 5 kali pertemuan dan diberikan angket kembali setelah perlakuan sehingga dapat dilihat apakah ada perbedaan antara hasil pretest dan posttest. Hasil pretest yang didapatkan adalah terdapat 5 siswa yang memiliki regulasi diri yang kurang dan 18 siswa memiliki regulasi diri yang tinggi, sedangkan setelah diberikan perlakukan dan hasil posttest didapatkan 23 siswa dengan regulasi diri yang tinggi. Dengan demikian seluruh kelas dengan jumlah 23 setelah diberikan perlakukan dengan layanan bimbingan klasikal dengan teknik jigsaw dapat meningkatkan regulasi diri pada siswa kelas VII SMP Kesatrian 1 Semarang. Data yang dihasilkan diolah menggunakan aplikasi SPSS ver.25 dengan hhasil analisis penelitian ini diketahui nilai uji hipotesis menggunakan uji paired sample t test diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan Ha dan Ho ditolak yang berarti “Ada pengaruh layanan bimbingan klasikal dengan teknik jigsaw terhadap kemampuan regulasi diri siswa kelas VII SMP Kesatrian 1 Semarang.”


 

Article Details

How to Cite
Azmi Khanunin Ni’mah, Eka Sari Setianingsih, & Farikha Wahyu Lestari. (2023). Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal dengan Teknik Jigsaw terhadap Kemampuan Regulasi Diri Siswa Kelas VII SMP Kesatrian 1 Semarang. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 45–52. https://doi.org/10.24905/jcose.v6i1.153
Section
Articles

References

Alwisol. 2009. Psikologi Kepribadian (Edisi Revisi). Malang; UMM Press
Anandani, Puan. 2021. Hubungan Antara Regulasi Diri dengan Pemalasan Sosial Pada Siswa Kelas XI MAN 4 Kebumen. Semarang; Universitas PGRI Semarang
Feist, Jess dan Feist Gregory J. 2010. Teori Kepribadian (Theories of Personality). Yogyakarta; Salembe Humanik
Friedman, dkk. 2008. Kepribadian Teori Klasik dan Riset Modern. Jakarta; Erlangga
Ghufron, M. Nur & Risnawati. 2010. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta; Ar-Ruzz
Handy, Susanto. 2006. Mengembangkan Kemampuan Regulasi Diri untuk Meningkatkan Keberhasilan Akademik Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur
Hastuti, Reski. 2018. Pengaruh Regulasi Diri (Self Regulation) dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi pada Peserta Didik Kelas XI. Makassar; UIN Alauddin Makassar
Heriyanti, Indah Pratiwi & Bhakti, Caraka Putra. 2022. Strategi Layanan Bimbingan Klasikal Blended Learning Berbasis Project based Learning untuk meningkatkan Self Regulated Learning siswa. Yogyakarta; Universitas Ahmad Dahlan
Himawan, A., Fitriana, S., & Lestari, F. W. (2020). Pengaruh Bimbingan Klasikal Dengan Metode Jigsaw Terhadap Kontrol Diri Siswa Dalam Penggunaan Handphone Di Sekolah Pada Kelas IX SMP Negeri 7 Pemalang: The Influence Of Gradeical Guidance With Jigsaw Method On The Self Controls Of Students In The Use Of Handphone In Schools In Grade IX SMP Negeri 7 Pemalang. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(1), 67-73.Masril. 2011. Konseling Regulasi Diri Berbasis Teori Pilihan. Bandung; UPI Bandung
Mulyasa. 2005. Pedoman Manajemen Berbasis Madrasah. Jakarta; Departemen RI
Nuranisa, Nina & Wiyono, Bambang Dibyo. 2008. Studi Implementasi Strategi Bimbingan Klasikal di SMP Negeri 13 Surabaya. Surabaya; Jurnal UNESA
Nurikhsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung; Refika Aditama
Omrod, J.E. 2012. Human Learning Six Edition. New Jersey; Pearson Education, icn.
Pratiwi, Ika Wahyu & Sri Wahyuni. 2019. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Self Regulation Remaja dalam Bersosialisasi. Jurnal Fakultas Psikologi. Jakarta; Universitas Borobudur