Main Article Content

Abstract

Penelitian pengaruh prestasi belajar terhadap kepercayaan diri siswa kelas X SMA Negeri 3 Pemalang ini dilatar belakangi banyaknya siswa yang mengalami kurang percaya diri. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Pemalang dengan jumlah 360 siswa. Kelas X.10 adalah kelas yang dilakukan untuk tryout. Sampel dalam penelitian ini yaitu 78 siswa yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Alat pengumpulan data yang dipergunakan adalah skala prestasi belajar dan kepercayaan diri. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan antara prestasi belajar dengan kepercayaan diri siswa kelas X SMA Negeri 3 Pemalang. Hal ini dibuktikan dari hasil uji korelasi product moment diperoleh nilai sig. (2-tailed) diperoleh 0,004 < 0,05 maka diketahui bahwa nilai koefisien korelasi (r) adalah 0,320 dengan taraf positif. Oleh karena itu nilai koefisien korelasi atau nilai rhitung > rtabel yaitu 0,320 > 0,227. Besarnya determinan sebesar 0,102 yang artinya pengaruh prestasi belajar terhadap kepercayaan diri memiliki pengaruh sebesar 10,2%, sisanya 89,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh prestasi belajar terhadap kepercayaan diri siswa kelas  X SMA Negeri 3 Pemalang. Dengan demikian menunjukan bahwa semakin tinggi prestasi belajar maka semakin tinggi kepercayaan dirinya.

Article Details

How to Cite
Farda Mufti Nugraha, Eka Sari Setianingsih, & Primaningrum Dian M. (2023). PENGARUH PRESTASI BELAJAR TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 PEMALANG. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 18-27. https://doi.org/10.24905/jcose.v6i1.150

References

  1. Arikunto, Suharsimi., 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. 2018. Profil kepercayaan diri remaja serta faktor-faktor yang mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1-5.
  3. Ghufron, M, Nur., Rini Risnawita S. 2010. Teori – Teori Psikologi. Yogyakarta: AR – Ruzz Media.
  4. Lauster, Peter. 2012. TES KEPRIBADIAN. Jakarta : Bumi Aksara.
  5. Muhammad anas, Suciani Latif, Akhmad Harum. 2021. Penerapan Konseling Kognitif Behaviour Berbasis Halaqah Untuk Mengembangkan Kepercayaan Diri Siswa di MAN Model Makassar. IJOSC (Indonesia Jurnal of School Counseling).
  6. Sugiyono, 2017. METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
  7. Triana, C. C., Yulianti, A., Nuraeni, L. A., & Sayyidah, A. S. (2022). Pengaruh kepercayaan diri seorang public relation dalam berkomunikasi. Cebong Journal, 1(2), 34-40.
  8. Wahab, Rohmalina. 2015. PSIKOLOGI BELAJAR. Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.