Main Article Content
Abstract
Berdasarkan Latar Belakang Masalah Siswa Menggunakan Waktu Untuk Bermain Atau Menggunakan Gawai Adalah Lebih Dari 6 Jam Per Hari, Dan Hingga Larut Malam Yang Mengakibatkan Terlambat Hadir Ke Sekolah, Siswa Masih Kesulitan Mengatur Jadwal Antara Belajar Dan Bermain Gawai Sehingga Dapat Mengganggu Aktivitas Yang Di Jalankan, Dan Masih Banyak Siswa Yang Belum Bisa Memanfaatkan Gawai Dengan Maksimal Dalam Kegiatan Sehari-Hari. Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Kecanduan Penggunaan Gawai Pada Siswa SMK Negeri X. Penelitian Ini Termasuk Ke Dalam Penelitian Ex Post Facto. Dalam Penelitian Ini Sampel Yang Diambil Yaitu 72 Siswa Jumlah Dari Keseluruhan Kelas XI DKV SMK Negeri X, Dikarenakan Jumlah Populasi Yang Relatif Kecil. Peneliti Ini Dilakukan Dengan Menggunakan Teknik Sampling Jenuh (Sampling Sensus). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Ini Menggunakan Angket. Metode Analisis Yang Digunakan Adalah Analisis Korelasi Spearman Rho. Dari Hasil Analisis Statistik Menunjukkan Korelasi Sebesar -0,357 Dengan Nilai Signifikansi Sebesar 0.000 (P < 0,05). Hal Ini Menunjukkan Terdapat Hubungan Signifikan Dengan Arah Negatif Antara Kecanduan Penggunaan Gawai Dengan Kontrol Diri Pada Siswa SMK Negeri X. Saran Yang Dapat Peneliti Sampaikan Hendaknya Dapat Memanfaatkan Penggunaan Gawai Yang Seperlunya Serta Tidak Mengganggu Aktivitas Lain Di Luar Penggunaan Gawai.
Article Details
References
- Agusta, D. (2016). Faktor-Faktor Resiko Kecanduan Menggunakan Smartphone Pada Siswa Di SMK Negeri 1 Kalasan Yogyakarta. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(5).
- Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
- Asih, A. T., & Fauziah, N. (2017). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Kecemasan Jauh Dari Smartphone (Nomophobia) Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati, 6(2), 15-20.
- Boumosleh, J.M; Jaalouk, Doris. (2017). Depression, Anxiety, And Smartphone Addiction In University Students- A Cross Sectional Study. PLOS ONE, Hal.1-4
- Ghufron, M. N., & Risnawati, R. S. (2014). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
- Han, Lei; Geng, Jingyu; Jou, Min; Gao, Fengqiang; Yang, Huayong. 2017. Relationship Between Of Shyness And Mobile Phone Addiction In Chinese Young Adults: Mediating Roles Of Self-Control And Attachment Anxiety. Journal Computer In Human Behaviour, Hal. 363-371.
- Hidayah, I. E. (2018). Perilaku Phubbing Sebagai Karakter Remaja Generasi Z Jurnal Fokus Konseling, Volume 4, No. 1.
- Kurnia, S., Sitasari, N. W., & Safitri, M. (2020). Kontrol Diri Dan Perilaku Phubbing Pada Remaja Di Jakarta. Jurnal Psikologi, 18(1), 58-67.
- Kwon, M., Kim, D. J., Cho, H., & Yang, S. (2013). The Smartphone Addiction Scale: Development And Validation Of A Short Version For Adolescents. PLOS ONE, 8(12), 1-7.
- Mulyati, T., & NRH, F. (2018). Kecanduan Smartphone Ditinjau Dari Kontrol Diri Dan Jenis Kelamin Pada Siswa SMA Mardisiswa Semarang. Jurnal Empati, 7(4), 152–161. Https://Doi.Org/10.14710/Empati.2018.23438.
- Salehan, M. & Neghaban A. (2013). Social Networking On Smarthpone: When Mobile Phone Become Addictive. Jurnal: Computers In Human Behavior, Vol.34, ISSN 2632-2639.
- Setianingsih, E. S. 2019. “Gadget” Pisau Bermata Dua” Bagi Anak?. Seminar Pendidikan Nasional. Universitas PGRI Semarang, Volume. 1, No. 1.