https://jkp.upstegal.ac.id/index.php/jkpancaksakti/issue/feedJCOSE Jurnal Bimbingan dan Konseling2025-01-20T17:04:18+07:00Fikri Auliapiti.kasep@gmail.comOpen Journal Systems<p><span id="result_box" class="" lang="en">JCOSE (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is a journal consisting of several writings about the results of research and book review. <span class="">JCOSE seeks to accommodate researchers, lecturers and students in the field of guidance and counseling to publish scientific work regularly every two times a year.<span class="" lang="en">it is on the national level that covers a lot of common problems or issues related to the guidance and counseling studies. The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research result that have been archived in the area of guidance and counsseling. JCOSE Jurnal Bimbingan dan Konseling) with registered number ISSN <a href="http://u.lipi.go.id/1549464989"> 2657-070X</a> (Online), ISSN <a href="http://u.lipi.go.id/1531895225">2622-6057</a>(Print) is a periodical journal conducted by a team of Guidances and Counseling Studies Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pancasakti Tegal.</span></span></span></p>https://jkp.upstegal.ac.id/index.php/jkpancaksakti/article/view/167Gerakan Anti Bulliying untuk Mencegah Maraknya Bulliying di Sekolah2024-11-20T22:27:27+07:00Elfi Rimayatielfirimayati@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya terkait Gerakan anti bullying di sekolah. Dengan menggunakan studi kepustakaan, peneliti mendapatkan banyak data baik hasil riset, tulisan /pendapat pakar, praktisi, guru dan masyarakat. Hasil dari penetian ini adalah : devinisi bullying, mitos seputar bullying di satuan Pendidikan, yang bullying, Upaya pencegahan prilaku bullying di satuan Pendidikan serta Gerakan anti bullying di sekolah. Beberapa contoh Gerakan anti bullying aadalah (1) Riset tentang Komik Strip Solusi Inovasi Gerakan Anti Bullying (2) Keterlibatan dan kolaborasi orang tua degan pihak sekolah, (3) melaunching Gerakan Pelopor Anti Bullying melalui Olimpiade Anti Bullying Tingkat Nasional bagi pelajar Tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA, (4) Peluncuran Buku Panduan Melawan Bullying oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Semarang</p>2024-10-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 JCOSE Jurnal Bimbingan dan Konselinghttps://jkp.upstegal.ac.id/index.php/jkpancaksakti/article/view/194Efektivitas Bimbingan Klasikal dengan Metode Ekspositori Gaming untuk Meningkatkan Konsep Diri Remaja2025-01-20T17:04:18+07:00Nazhila Tika Waluyonazhila@gmail.comNala Saraswatisaraswati@gmail.comMaulana Ahmad Fajar Firdausfajar87@gmail.comBinti Nuriyatul Muthiāahnuriyatul@gmail.comAyu Rahmawati Ayuayurahmawati956@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan konsep diri remaja yang sedang menempuh sekolah jurusan pemasaran di SMKN 1 Ngawi. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis <em>pre experimental</em> menggunakan <em>One Group Pre Test Post Test Design. </em>Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala konsep diri dengan skala 1-4. Data dianalisis menggunakan uji <em>wilcoxon</em> dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Dalam uji Wilcoxon terdapat <em>positive ranks</em> sejumlah 28 responden, dengan mean 14,50, serta <em>Sum of Ranks</em> 406,00 yang menunjukkan bahwa terdapat kenaikan dari <em>pre-test</em> ke <em>post-test</em> yang berjumlah 28 responden, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatak ke konsep diri positif yakni terdapat 28 peserta didik. Sedangkan, dalam kolom ties terdapat 2 responden, yang artinya terdapat 2 responden yang memiliki nilai sama. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00, yakni nilai <em>sig.P-value</em> 0,00 < 0,05 yang Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan klasikal dengan metode ekspositori dan permainan efektif digunakan sebagai peningkatan konsep diri pada siswa SMKN 1 Ngawi.</p> <p> </p> <p> </p>2025-01-13T13:45:19+07:00Copyright (c) 2025 JCOSE Jurnal Bimbingan dan Konseling