Main Article Content
Abstract
Ketidakjujuran akademik merupakan perilaku maupun tindakan curang dan tidak jujur pada siswa yang terjadi pada semua disiplin ilmu di berbagai tingkatan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ketidakjujuran akademik siswa kelas X SMA Negeri 14 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 14 Semarang dengan jumlah siswa 323 siswa, 36 siswa diambil untuk try out dan 287 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala psikologis berupa skala ketidakjujuran akademik. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat ketidakjujuran akademik siswa kelas X SMA Negeri 14 Semarang berada pada kategori sedang dengan rata-rata 91,63. Secara lebih rinci tinggi rendahnya kategori ketidakjujuran akademik dapat dilhat berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa ketidakjujuran akademik siswa kelas X SMA Negeri 14 Semarang tergolong sedang yaitu sebanyak 196 siswa dengan presentase 68%. Selebihnya sebanyak 57 siswa dengan presentase 20% masuk dalam ketegori tinggi dan 34 siswa dengan presentase 12% masuk dalam kategori rendah.
Article Details
References
- Anderman, E., & Murdock, T. (2007). The Psychology of Academic Cheating. Resources. https://doi.org/10.1016/B978-012372541-7/50002-4
- Barnard, A., Schurink, W., & De Beer, M. (2008). A conceptual framework of integrity. SA Journal of Industrial Psychology, 34(2). https://doi.org/10.4102/sajip.v34i2.427
- Bashir, H., & Bala, R. (2018). Development and validation of academic dishonesty scale (ADS): Presenting a multidimensional scale. International Journal of Instruction, 11(2), 57–74. https://doi.org/10.12973/iji.2018.1125a
- Chrismastuti, A. A. (2008). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecurangan Akademik Mahasiswa. Semarang: Pusat Pengkajian Dan Pengembangan Akuntansi Universitas Katolik Soegijapranata.
- Correa, M. (2011). Academic dishonesty in the second language classroom: instructors’ perspectives. Modern Journal of Language Teaching Methods, 1(1), 65–79. http://ezproxy.umsl.edu/login?url=http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eft&AN=67215088&site=ehost-live&scope=site
- Costley, J. (2019). Student Perceptions of Academic Dishonesty at a Cyber-University in South Korea. Journal of Academic Ethics, 17(2), 205–217. https://doi.org/10.1007/s10805-018-9318-1
- Cuadrado, D., Salgado, J. F., & Moscoso, S. (2019). Prevalence and correlates of academic dishonesty: Towards a sustainable university. Sustainability (Switzerland), 11(21). https://doi.org/10.3390/su11216062
- Davis, S. F., Drinan, P. F., & Gallant, T. B. (2011). Cheating in School. In Journal of Education (Vol. 110, Issue 14). https://doi.org/10.1177/002205742911001412
- Dyer, J. M., Pettyjohn, H. C., & Saladin, S. (2020). Academic Dishonesty and Testing: How Student Beliefs and Test Settings Impact Decisions to Cheat. Journal of the National College Testing Association, 4(1), 1–30. https://www.researchgate.net/publication/341296878_Academic_Dishonesty_and_Testing_How_Student_Beliefs_and_Test_Settings_Impact_Decisions_to_Cheat
- Eastman, J. K., Iyer, R., & Reisenwitz, T. H. (2008). The Impact Of Unethical Reasoning On Different Types Of Academic Dishonesty: An Exploratory Study. Journal of College Teaching & Learning (TLC), 5(12). https://doi.org/10.19030/tlc.v5i12.1211
- Faradiena, F. (2019). Pengukuran Dan Pemodelan Ketidakjujuran Akademik Di Kalangan Mahasiswa Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.
- Gentina, E., Tang, T. L. P., & Gu, Q. (2017). Does Bad Company Corrupt Good Morals? Social Bonding and Academic Cheating among French and Chinese Teens. Journal of Business Ethics, 146(3), 639–667. https://doi.org/10.1007/s10551-015-2939-z
- Jones, D. L. R. (2011). Academic dishonesty: Are more students cheating? Business Communication Quarterly, 74(2), 141–150. https://doi.org/10.1177/1080569911404059
- Kasmaningsih, Y., & Lestari, S. (2015). Kejujuran Akademik Pada Siswa Sekolah Menengah Atas (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
- McCabe, D. L., Treviño, L. K., & Butterfield, K. D. (2001). Cheating in academic institutions: A decade of research. Ethics and Behavior, 11(3), 219–232. https://doi.org/10.1207/S15327019EB1103_2
- Mulyawati, H., Masturoh, I., Anwaruddin, I., Mulyati, L. Agustendi, S., & Tartila, T.S.S. (2010). Pembelajaran Studi Sosial. Bandung: Alfabeta.
- Priyastama, Romie. 2017. Buku Sakti Kuasai SPSS Pengelolaan data dan Analisis data. Yogyakarta: Start Up.
- Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
- Taufik, I. A., Lana, W., Mubarokah, N. U., Prasetyo, A., Nahdlatul, U., Al, U., & Cilacap, G. (2022). Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application Survey Tingkat Academic Dishonesty Oleh Siswa SMA Di Cilacap Pada Masa Pandemi Covid-19. Ijgc, 11(2), 186–195.
- Ungusari, E. (2015). Kejujuran dan Ketidakjujuran Pada Siswa SMA Berbasis Agama. Surakarta. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah.
- Wahyuningsih, D. D., Kusumawati, E., & Nugroho, I. S. (2021). Academic Dishonesty Siswa di Masa Pandemi Covid-19: Implikasinya pada Bimbingan dan Konseling. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(2), 127. https://doi.org/10.25273/counsellia.v11i2.9168