Main Article Content

Abstract

Masih ditemukan nya masalah minat belajar siswa jadi latar belakang dari penelitian ini. Penelitian ini mempunyai tujuan guna memahami gambaran minat belajar pada siswa kelas XI SMA N 14 Semarang. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dan metodologi studi deskriptif. Jumlah sampel penelitian ini ialah 260 siswa kelas XI dengan teknik penghimpunan sampel menerapkan simple jenuh. Perolehan penelitian memperlihatkan minat belajar siswa di SMA N 14 Semarang Tahun Ajaran 2023/2024 rata-rata berada diposisi kategori sedang dengan 45,38%, dan ada siswa yang mempunyai taraf minat belajar tinggi 18,07%, sangat tinggi 6,15% dan rendah 30,38%.


 

Article Details

How to Cite
Wahyuni, S., Dini Rakhmawati, & Sri Mulyaningsih. (2024). Gambaran Minat Belajar Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 14 Semarang. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 21-27. https://doi.org/10.24905/jcose.v6i2.161

References

  1. Aunurrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta.
  2. H Pathoni, F B Pujaningsih, M Hendri, Maison, N. (2019). PELATIHAN PENGEMBANGAN CONTENT E-LEARNING UNTUK GURU IPA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(1), 2.
  3. Jamaluddin. (2016). MINAT BELAJAR(Tinjauan Guru Pendidikan Agama Islam). Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 8, 4.
  4. Jannah, N., Hidayat, M., & Dani, R. (2020). . Identifikasi Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Semester VII Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Jambi Tahun Akademik 2019 / 2020. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), 8(1), 102.
  5. Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.
  6. Slameto. (2013). Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta.
  7. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Alfabeta.
  8. Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.
  9. Syahrial, Asrial, Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2019). E-Modul Etnokontruktivisme: Implementasi Pada Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau Dari Persepsi, Minat Dan Motivasi. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(1), 165–177. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jtp.v2li2.11030
  10. Tugiyo Aminoto & Hairul Pathoni. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology UntukMeningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan EnergiDi Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika, 8(1), 5.
  11. Utama, Z. P., Maison, M., & Syarkowi, A. (2018). Analisis Kemampuan Bernalar Siswa SMA Kota Jambi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 1. https://doi.org/10.26877/jp2f.v9i1.2223