Main Article Content
Abstract
Motivasi merupakan sumber atau awal dari kegiatan belajar mengajar yang dilakukan. Peserta didik SMP tergolong dalam masa transisi dari masa kanak-kanak ke masa remaja, yang mengalami proses perkembangan dan pertumbuhan, biasanya tidak stabil secara psikologis dan sering mengalami kesulitan motivasi belajar, sehingga mengakibatkan menurunnya prestasi akademik. Situasi saat ini, khususnya di SMP N 2 Semarang, masih banyak siswa yang memerlukan dorongan atau motivasi dalam belajar. Misalnya saja di kelas 8, banyak siswa yang masih menyelesaikan tugas dengan menjiplak pekerjaan temannya, sehingga dapat menyebabkan siswa bosan. Ketika guru memberikan banyak pekerjaan rumah, siswa menjadi tidak tertarik karena materi pembelajarannya berulang-ulang. Berdasarkan justifikasi permasalahan tersebut, maka penelitian ini memiliki tujuan khusus untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar yang ditunjukkan oleh peserta didik kelas VIII SMP N 2 Semarang dan untuk memberikan layanan bimbingan klasikal pada mata pelajaran motivasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Kelas VIII di SMP N 2 Semarang dengan total sampel 120 peserta didik merupakan subjek yang terpilih dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengisian angket sebanyak 25 item pernyataan. Berdasarkan hasil uji coba instrumen (try out) skala motivasi belajar yang telah dilakukan dengan jumlah responden 120 siswa, didapatkan bahwa ada 1 butir item yang “Tidak Valid” yaitu item nomor 5. Sedangkan item yang dinyatakan “Valid” yaitu berjumlah 24 butir item. Hasil uji reliabilitas instrumen dengan menggunakan Rumus Alpha Crombach diperoleh dari skala motivasi belajar yaitu 0,783. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas, dapat diambil suatu kesimpulan umum yang menunjukkan bahwa dari 120 siswa yang ada, sebanyak 90 siswa (atau 75%) kelas VIII SMP N 2 Semarang mempunyai motivasi belajar yang cukup.
Keywords
Article Details
References
- Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Populasi dalam penelitian merupakan suatu hal yang sangt penting, karena ia merupakan sumber informasi. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.
- Cheung, S. K., & Kwan, J. L. Y. (2021). Parents’ perceived goals for early mathematics learning and their relations with children’s motivation to learn mathematics. Early Childhood Research Quarterly, 56, 90–102. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2021.03.003
- Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches - John W. Creswell, J. David Creswell - Google Books. In SAGE Publications, Inc.
- Didik, P., Sma, D. I., & Utara, N. R. (2023). Peran guru bk dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di sma n 1 raman utara. 1(4), 210–218.
- Ditta, A. S., Strickland-Hughes, C. M., Cheung, C., & Wu, R. (2020). Exposure to information increases motivation to learn more. Learning and Motivation, 72(June), 101668. https://doi.org/10.1016/j.lmot.2020.101668
- Fahrudin, F., & Ulfah, M. (2023). Volume 2 Nomor 6 Juni 2023 PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2, 1304–1309. https://jmi.rivierapublishing.id/index.php/rp
- Firmansyah, F., Kusuma, R. M., & Badrudjaman, A. (2019). Pengembangan Aplikasi Evaluasi Proses Layanan Dasar (Approda) Berbasis Website. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 4(2), 49. https://doi.org/10.26737/jbki.v4i2.892
- Lin, P. Y., Chai, C. S., Jong, M. S. Y., Dai, Y., Guo, Y., & Qin, J. (2021). Modeling the structural relationship among primary students’ motivation to learn artificial intelligence. Computers and Education: Artificial Intelligence, 2(October 2020), 100006. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2020.100006
- Munadi, D., Adit, G. N., & Rosita, T. (2018). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Penerapan Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Peserta Didik Xi Ips 2 Yang Tinggal Di Pondok Pesantren Sma Darul Falah Cihampelas. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 1(3), 103. https://doi.org/10.22460/fokus.v1i3.2757
- Ningrum, S. S. (2022). TINGKAT KESIAPAN INDIVIDU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH PENGGERAK BERDASARKAN MOTIVASI INTRINSIK DAN EKSTRINSIK | Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN). 136–145. https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/658
- Nurasiah, I. M., Hendriana, H., & Supriatna, E. (2022). Gambaran Motivasi Belajar Pada Siswa Smp Pgri 1 Cianjur. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 5(1), 19. https://doi.org/10.22460/fokus.v5i1.7455
- Rubiana, E. P., & Dadi, D. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Ipa Siswa Smp Berbasis Pesantren. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 12. https://doi.org/10.25157/jpb.v8i2.4376
- Supriani, Y., Ulfah, & Arifudin, O. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Amar (JAA), 1(1), 1–10.
- Syafrizal, S., Khairi, Z., Habibah, S., & Efendi, Y. (2023). Konsep Motivasi Belajar Menurut Pandangan Islam dan Peran Guru BK. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 6(2), 109. https://doi.org/10.24014/egcdj.v6i2.24406
- Wahyuni, Y., & Iswari, M. (2022). Peran bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar matematika pada siswa kelas vii smpn 3 pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8043–8050.
- Zuhaerani, S. (2021). Penerapan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bimbingan Konseling Peserta Didik SMP Negeri 4 Mataram. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(1), 60. https://doi.org/10.33394/jtp.v6i1.3604
- Wahyuni, S., Rakhmawati, D., & Mulyaningsih, S. (2024). Gambaran Minat Belajar Pada Peserta Didik Kelas Xi Sma Negeri 14 Semarang. JCOSE Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(2), 21-27.