Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bimbingan karir dan kepercayaan diri dengan perencanaan karir pada peserta didik kelas XII MIPA SMA Negeri 2 Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuanitatif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik probably sampling dengan jenis simple random sampling. Adapun cara pengambilan data yaitu dengan menggunakan teknik observasi,kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh terdapat hubungan antara bimbingan karir dengan perencanaan karir. Hal ini ditunjukan dari nilai Koefisien regresi variabel bimbingan karir yaitu bernilai positif sebesar 0,82; artinya jika bimbingan karir mengalami kenaikan 1%, maka perencanaan karir akan mengalami peningkatan sebesar 0,82. Semakin tinggi bimbingan karir maka semakin tinggi perencanaan karir peserta didik. Sama halnya dengan kepercayaan diri, terdapat hubungan kepercayaan diri dengan perencanaan karir. Hal ini ditunjukan dari nilai Koefisien regresi variabel kepercayaan diri yaitu bernilai positif sebesar 0,041; artinya jika kepercayaan diri mengalami kenaikan 1%, maka perencanaan karir akan mengalami peningkatan sebesar 0,041. Semakin tinggi bimbingan karir maka semakin tinggi perencanaan karirpeserta didik.


Berdasarkan hasil penelitian, terdapat hubungan positif antara variabel bimbingan karir, kepercayaan diri dan perencanaan karir. Hal ini ditunjukan dari perhitungan uji regresi bersama-sama (Uji F), nilai Fhitung adalah 5,04. Jadi nilai Fhitung > Ftabel atau 5,04 > 3,47, artinya H03 ditolak dan Ha3 diterima. Berdasarkan uji F yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan karir dan kepercayaan diri dengan perencanaan karir pada peserta didik kelas XII MIPA SMA Negeri 2 Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021.

Article Details

How to Cite
Essa Putra Lukita, budisiwi, hastin, & Hanung Sudibyo. (2021). Hubungan Bimbingan Karir dan Kepercayaan Diri Dengan Perencanaan Karir Peserta Didik Kelas XII MIPA SMA Negeri 2 Tegal. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 16-20. https://doi.org/10.24905/jcose.v4i1.86

References

  1. Atmaja, T. T. (2014). Upaya Meningkatkan Perencanaan Karir Siwa Melalui Bimbingan Karir Dengan Penggunaan Media Modul. Psikopedagogia Vol.3 No.258-67.https://core.ac.uk/download/pdf/324200484.pdf
  2. Budisiwi, H. (2018, November). Kematangan Karir Menggunakan Tes Mi Sebagai Pendukung Tes Sds Pada Mahasiswa Universitas Pancasakti Tegal. In Seminar Nasional Bimbingan Konseling (Vol. 2, No. 1, pp. 22-27). https://fip.unesa.ac.id/fipppti/public/proceeding/index.php/prosidingsemnasbk/article/view/64
  3. Hadi, E. O. A., Latifah, L., & Santoso, D. B. (2019, December). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Pengambilan Keputusan Karir Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Pendidikan (Vol. 3, pp. 424-427).https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/fip/article/view/273
  4. Hasanah, H., Rahmawati, W. K., & Damayanti, N. E. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Karir Terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri Pasirian Kabupaten Lumajang Tahun Ajaran 2017/2018. Success: Jurnal bimbingan konseling dan pendidikan, 1(2), 70-90.https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/success/article/view/263
  5. Rokhayati, A., Kambara, R., & Ibrahim, M. (2017). Pengaruh Soft Skill Dan Perencanaan Karirterhadap Kinerja Karyawan Dengan Kualitas Pelatihan Sebagai Variabel Modertor. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa (JRBMT),Vol.1,107-124.https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JRBM/article/view/3147
  6. Sugiyono.2015.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan E&D. Bandung:Alfabetha