Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok untuk menngkatkan kedisiplinan peserta didik.Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiannya eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas Kelas XISMK PGRI 2 Taman Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 63 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan purposive samplesebanyak 19 peserta didk. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif presentase dan analisis korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hasil pre-test sebanyak 10 peserta didik tingkat kedisiplinannya ada pada kriteria sangat rendah.Sedangkan pada post-test diperoleh sebanyak 6 peserta didik dengan tingkat kedisiplinannya dalam kriteria tinggi. Hasil simpulan ada pengaruh layanan konseling kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas XI di SMK PGRI 2 Taman.


 

Keywords

konseling kelompok kedisiplinan peserta didik

Article Details

How to Cite
budisiwi, hastin. (2019). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 72-77. https://doi.org/10.24905/jcose.v1i2.35