Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perkembangan media sosial pada karakter pribadi peserta didik.Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiannya studi korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas Kelas VIII MTs Negeri Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 354 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling sebanyak 50 peserta didk. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif presentase dan analisis korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa perkembangan media sosial peserta didik dalam kategori tinggi sebanyak 36%. Karakter pribadi peserta didik dalam kategori cukup baik sebanyak 26%. Hasil simpulan ada pengaruh positif dan signifikan perkembangan media sosial terhadap karakter pribadi peserta didik kelas VIII MTs Negeri Slawi Kabupaten Tegal.