Main Article Content
Abstract
Motivasi belajar memegang peranan penting bagi setiap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar pada siswa kelas XI di SMA Negeri 9 Semarang. Metode penelitian ini yaitu menggunakan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 395 siswa. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan taraf kesalahan 5% sehingga didapatkan sampel penelitian berjumlah 198 siswa yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 9 Semarang berada pada kategori tinggi berjumlah 29 siswa dengan presentase 14,6%, kategori sedang berjumlah 169 siswa dengan persentase 85,4%, dan tidak ada siswa yang berada pada kategori rendah. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 9 Semarang berada pada kategori sedang. Artinya, tingkat motivasi belajar yang belum dapat dikatakan tinggi ini harus segera diperbaiki serta ditingkatkan. Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingakatan motivasi belajar yang perlu diperhatikan dalam membantu meningkatkan motivasi belajar siswa.
Article Details
References
- Djamarah, Syaiful Bahri. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
- Fahri Husaeni, A. 2023. Survey Tingkat Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMK. Educatio, 18(1), 102–109. https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.12266
- Ghufron, M. Nur dan Risnawati S, Rini. 2010. Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-ruz
- Media.
- Mediawati, E., 2010. Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa dan Kompetensi Dosen Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan. 5(2). hal 134-146.
- Novita, D. S. 2022. Pengaruh Konsep Diri Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Di SMA N 1 Weleri. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Pengetahuan. Universitas PGRI Semarang: Semarang.
- Nurasiah, I. M., Hendriana, H., & Supriatna, E. (2022). Gambaran Motivasi Belajar Pada Siswa Smp Pgri 1 Cianjur. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 5(1), 19. https://doi.org/10.22460/fokus.v5i1.7455
- Paramartha, W. E., Dharsana, I. K., Suranata, I. K., & Padmi, N. M. D. (2023). Teknik Hypnocounseling Dalam Konseling Psikoanalisis: Sebuah Pendekatan Efektif Untuk Meningkatkan Achievement Siswa. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 6(1), 22. https://doi.org/10.24014/egcdj.v6i1.22443
- Sardiman. A.M (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
- Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Edisi revisi
- Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Veronika Agnes, K. A. 2017. Tingkat Motivasi Belajar Siswa (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017 dan Implikasinya terhadap Usulan Topik – topik Bimbingan Belajar). Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sanata Dharma: Bandung.
- Winkel. 2013. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.