Main Article Content

Abstract

Agus Yusuf Ariyanto. NPM. 17110050.” Kecenderungan Perilaku Mencontek Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Media Permainan Monopoli Siswa Di Ma Taqwiyatul Waton Mranggen Demak”. Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pgri Semarang 2023. Adapun berdasarkan dari wawancara dengan guru BK disekolah, ada beberapa siswa yang sering mencontek di sekolah, sering tidak memperhatikan saat guru menjelaskan mata pelajaran, siswa telat masuk sekolah dan siswa sering membolos saat ulangan dikelas. Perilaku siswa diperkuat dengan adanya laporan dari bebrapa guru seperti guru Bahasa jawa yang mendapati ada 12 siswa yang menyontek Ketika ulangan, dan ada guru Bahasa arab yang mendapati 10 orang siswa yang menyontek Ketika ulangan tengah semester. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat perilaku menyontek siswa setelah diberikanya layanan bimbingan kelompok dengan media permainan monopoli pada siswa di MA Taqwiyatul Waton Mranggen Demak Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian true experimental desain dengan desain pretest dan postest control grup. Layanan bimbingan kelompok merupakan suatu kegiatan (konselor) dengan anggota kelompok (konseli/peserta didik) yang memanfaatkan dinamika kelompok. Layanan bimbingan kelompok. Akan lebih baik apabila dalam bimbingan kelompok ditambahkan dengan metode serta media yang telah diinovasi untuk kebutuhan anggota kelompok.Permainan monopoli ini di inovasikan dengan tujuan dapat digunakan dalam layanan guna menyampaikan informasi tentang mencegah perilaku menyontek. Layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik permainan monopoli dapat memberikan pengaruh terhadap kecenderungan perilaku menyontek, karena dalam pelaksanaannya siswa sebagai anggota kelompok mempunyai kesempatan untuk melatih kepercayaan diri atas kemampuan akademik yang dimilikinya dan dapat mengembangkan pengetahuan akademik anggota kelompok.

Article Details

How to Cite
Agus Yusuf Ariyanto, Suhendri, & Argo Widiharto. (2023). Pengaruh Bimbingan Kelompok Permainan Monopoli untuk Mengurangi Perilaku Mencontek Siswa Di MA Taqwiyatul Waton Mranggen Demak. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 141-152. https://doi.org/10.24905/jcose.v5i2.142

References

  1. Hartanto, Dody. (2012). Bimbingan dan Konseling Menyontek: mengungkap akar masalah dan solusinya. Jakarta : Indeks.
  2. Azwar, (2012). Penyusun Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
  3. Fitri Maulida.,Dkk. (2017). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Mencontek Pada Siswa SMA Negri Dalam wilayang Kota Takeong.Universitas Syiah Kuala:Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Konseling.Vol.2,No.1.
  4. Tedjasaputra,Mayke S. (2007). Bermain, mainan, dan Permainan untuk Pendidikan Usia dini. Jakarta: PT Gasindo.
  5. Yustin, J. A., Sujaini, H., & Irwansyah, M. A. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Construct 2. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 1(1), 422-426.
  6. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.