Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media penunjang layanan bimbingan kelompok berbasis elektronik berupa modul elektronik tentang self efficacy. Jenis penelitian ini R&D (Research and Development) dengan metode Brog and Gall. Model pengembangan ini hanya sampai tahap revisi produk saja. Studi pendahuluan dengan observasi dan wawancara, serta didukung oleh hasil pernyataan guru BK. Subjek penelitian siswa Smp Muhammadyah 2 kalasan tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian pengembangan ini diukur berdasarkan penillaian dari uji ahli materi dan uji ahli media. Hasil penilaian uji ahli materi mendapatkan nilai sebesar 87,5 dengan kategori Sangat Baik. Sedangkan Uji Ahli Media mendapatkan nilai sebesar 81,25 dengan kategori Baik. Hasil penilaian secara keseluruhan dengan nilai rata-rata yang didapat sebesar 84,375  dengan kategori Sangat Baik. Berdasarkan hasil tersebut maka Pengembangan e-modul dalam layanan bimbingan kelompok teknik home room tentang self efficacy pada siswa SMP Muhammadyah 1 Kalasan Layak untuk digunakan.

Keywords

Self-efficacy home room modul elektronik

Article Details

How to Cite
adi prasetyo, dimas, & Akhmad Fajar Prasetya. (2022). Pengembangan e-Modul dalam Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Home Room tentang Self Efficacy pada Siswa SMP Muhammadyah 1 Kalasan. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 69-76. https://doi.org/10.24905/jcose.v4i2.94

References

  1. Arifin, N. (2018). Upaya meningkatkan self-efficacy siswa dalam pembelajaran matematika melalui problem based learning. Jurnal Pendas Mahakam, 3(3), 255–266.
  2. Batubara, A., & Sanimah. (2020). Problem Solving Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Self Efficacy Dalam Pengambilan Keputusan Karir. Jurnal Ilmu Pendidikan(Jip), 1(2), 141–152.
  3. Cristiyantoro, F. (2010). Pengembangan Modul Pembelajaran Kolega Dan Pelanggan Kompetensi Dasar Memelihara Standar Penampilan Pribadi Pada Siswa Kelas X-3 Administrasi Perkantoran Di Smkn 2 Kediri. Jurnal Administrasi Perkantoran, 1–15.
  4. Dharma, S. (2008). Penulisan Modul. In Penulisan Modul (Vol. 98, Issue 1).
  5. Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 153. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.2033
  6. Hidayah, M. R. N., Flurentin, E. F. Z. E., & Hambali, B. B. L. I. (2017). Bab Iii Bimbingan Klasikal Dan Kelompok. Sumber Belajar Penunjang Plpg 2017 Mata Pelajaran/Paket Keahlian Bimbingan Dan Konseling, 1–20.
  7. Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478
  8. Kemendikbud. (2017). Panduan Praktis Penyusunan E-Modul.
  9. Mekanik, T. (2016). Penerapan media pembelajaran modul elektronik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi mekanik. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(1), 106–112.
  10. Mulyatiningsih, E. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. ALFABETA.
  11. Penyusun, T. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP). In Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.
  12. Prayitno, & Amti, E. (2013). DASAR - DASAR BIMBINGAN DAN KONSELING.
  13. Putra, H. D., Putri, A., Lathifah, A. N., & Mustika, C. Z. (2018). Kemampuan Mengidentifikasi Kecukupan Data pada Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa MTs. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 48. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.862
  14. Putra, S. A., Daharnis, D., & Syahniar, S. (2013). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Self Efficacy Siswa. Konselor, 2(2), 1–6. https://doi.org/10.24036/02013221399-0-00
  15. Sari, D. R. (2020). Cinema Therapy Untuk Meningkatkan Academic Self-Efficacy Siswa Kelas XI-IPS SMA Negeri 4 Bojonegoro. Jurnak BK UNESA, 11(1), 95–101.
  16. Sataloff, R. T., Johns, M. M., & Kost, K. M. (2020). PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI TEKNOLOGI DALAM RITEL MATA PELAJARAN PENGELOLAAN BISNIS RITEL KELAS XII DI SMK NEGERI 1 JOMBANG. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 10, 1–8.
  17. Subaidi, A. (2016). Self-Efficacy Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika.Sigma, 1(2), 64–68.
  18. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung: Alfabeta.
  19. Suharsimi Arikunto. (2014). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
  20. Sunaryo, Y. (2017). PENGUKURAN SELF-EFFICACY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTs N 2 CIAMIS. Teorema, 1(2), 39. https://doi.org/10.25157/.v1i2.548
  21. Umiati, S. (2012). Pengembangan E-Modulpada Mata Pelajaran Biologi Materi Pokok Animalia Invertebrata Untuk Siswa Kelas X Di Sma Negeri 1 Dawarblandong Kabupaten Mojokerto. Jurnal Tekonolgi Pendidikan, 1(1), 1–5.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'WHERE'