Main Article Content

Abstract

Perubahan kebijakan kurikulum pendidikan tersebut mengalami perubahan cara yaitu pada awalnya kegiatan belajar dilakukan secara tatap muka melainkan belajar dari rumah di dampingi orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi tingkat emosional orang tua yang kurang memahami IT dan memahami IT. Populasi yang dilakukan dalam penelitian ini sebanyak 70 Peserta didik, Karena seluruh populasi memiliki jumlah kurang dari 100 sehingga semua populasi dalam penelitian ini dijadikan sampel. Penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif karena data yang penulis kumpulkan dianalisis menggunukan aplikasi SPSS IBM 25 dengan menggunakan uji  pra syarat homogenitas dan normalitas.


Analisis pengujian yang digunakian adalah uji t, uji  t yaitu yaitu untuk menguji bagaimana pengaruh masing-masing variabel bebasnya secara sendiri-sendiri terhadap variabel terikatnya. Berdasarkan perhitungan analisis uji t Hasil output di atas menunjukkan nilai uji t nilai signifikansi 2 arah (t-tailed) 0.000 <  0.05 maka hipotesis nol (nihil) (Ho) dapat dinyatakan bahwa hasil dari uji t tersebut diartikan “Terdapat Perbedaan Emosional Orang Tua Yang Memahami IT Saat Belajar Dari Rumah Pada Peserta Didik Kelas VII Di SMP Negeri 04 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022. Saran yang diberikan dari hasil penelitian yang telah dilakukan kepada pembaca guru BK harus memiliki peran aktif membina peserta didik dalam mendampingi perkembangan emosional anak. Guru BK dapat membimbing tentang tingkat emosional orang tua perlu diperhatikan agar peserta didik mampu mengikuti belajar dari rumah dengan baik.

Article Details

How to Cite
Santi Puji Astuti, Hartiinah, S., & KW, S. (2021). PERBEDAAN EMOSIONAL ORANG TUA YANG MEMAHAMI IT DENGAN TIDAK MEMAHAMI IT DALAM MENDAMPINGI BELAJAR DARI RUMAH PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 4 KOTA TEGAL . JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 22-28. https://doi.org/10.24905/jcose.v4i1.88

References

  1. Abdurrahman, Mulyono. 2016. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
  2. Abu Ahmadi. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta Aunurrahman.
  3. Anggraini, Ririn. 2014. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Belajar Anak. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. UIN Sunan Kalijaga
  4. Ahmad, Amar. 2012. Perkembangan Teknologi Komunikasi Dan Informasi: Akar Revolusi Dan Berbagai Standarnya. Jakarta. Universitas Indonesia
  5. Arifin, J. 2017. SPSS 24 untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: Kelompok Gramedia.
  6. Arikunto, S. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revivi. Rineka Cipta
  7. Bachrie, S. 2014. Pola asuh orang tua dan komunikasi dalam keluarga. Jakarta: Renika Cipta
  8. Baharuddin. 2010. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: ArRuzz Media
  9. Bungin, B.2010. Metodelogi Penelitian Kuantitatif (komunikasi, ekonomi, dan kebijakan publik serta ilmu-ilmu sosial lainnya). Jakarta: Kencana
  10. Desmita. (2017). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
  11. Dermawan, D. (2012). Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Remaja Rosdakarya
  12. Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
  13. Ghozali, Imam, 2014; Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS , Semarang: Universitas Diponegoro, Semarang
  14. Hartinah Siti. 2008. Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling Belajar, Tegal : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasaki,.
  15. Hartinah Siti. 2009. Konseling Keluarga, Tegal : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasaki,.
  16. Hartinah, Siti. 2009. Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Refika Aditama.
  17. Hurlock, E. B. 2015. Psikologi Perkembangan, Suatu Perkembangan Sepanjang rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga
  18. Hadi, Sutrisno. 2014. Analisis Regresi. Yogyakarta : Andi
  19. Indriyani, Widian Nur. 2008. Panduan Praktis Mendidik anak Cerdas. Yogyakarta: Lugong Pustaka
  20. Indrianty, Etty, dkk 2009.. Ensiklopedia Sains dan Teknologi. Lentera Abadi, Jakarta: Lentera Abadi
  21. Munir. (2015). Pembelajaran Jarak Jauh. Alfabeta.
  22. Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia
  23. Ningsih, Sri Hartati. 2016. Hubungan Antara Kebiasaan Belajar dan Dukungan Orangtua Dengan Prestasi Belajar. Medan: Jurnal Magister Psikologi
  24. Nasution, Thamrin dan Nurhalijah. 2015. Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak. Jakarta: BPK Gunung Mulia
  25. Nazir, M. 2015. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
  26. Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  27. Soekanto, Sarjono. 2015. Sosiologi Keluarga Tentang Ikhwal Keluarga, Remaja dan Anak. Jakarta: PT Rineka Cipta
  28. Sujarweni, Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press
  29. Walgito, B. 2015. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: ANDI.
  30. Yusuf, Syamsu, 2008, Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remaja
  31. Rosdakarya