Main Article Content

Abstract

Bimbingan dan konseling untuk anak usia dini merupakan upaya memfasilitasi individu (anak) yang sedang tumbuh dan berkembang, dengan harapan agar kelak potensinya mampu berkembang dan mencapai tugas-tugas perkembangan secara optimal. Dari beberapa tokoh barat modern yang memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan Pendidikan Anak Usia Dini di dunia ini adalah Maria Montessori. Bagaimana gagasannya dalam pengembangan metode bimbingan dan konseling untuk anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Prinsip-prinsip metode Montessori dalam bimbingan dan konseling bagi anak usia dini secara umum adalah bahwa anak dilihat sebagai individu yang harus dikembangkan potensinya seoptimal mungkin dalam lingkungan si anak. Kita sebagai orang dewasa tidak bisa menyepelekan dan meremehkan kemampuan anak, sehingga anak memilki hak untuk belajar sesuai dengan cara dan metode yang diinginkannya. Guru dan pembimbing anak usia dini harus mampu memfasilitasi anak belajar sesuai dengan metode, jenis main dan kegiatan yang diinginkannya.

Article Details

How to Cite
Cato, & Alim Kahfi, M. (2021). REKONSTRUKSI GAGASAN METODE MONTESSORI DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING ANAK USIA DINI. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 1-9. https://doi.org/10.24905/jcose.v4i1.82

References

  1. Crain, William. 2007. Teori Perkembangan Konsep dan Aplikasi. Yogyakrta: Pustaka Pelajar.
  2. Fiah, Rifda El. 2019. Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini. Cet-2. Depok: Rajawali Pers.
  3. Harjaningrum, Agnes Tri. 2007. Peranan Orang Tua dan Praktisi Dalam Membantu Tumbuh Kembang Anak Berbakat Melalui Pemahaman Teori dan tren Pendidika., jakarta: Prenada Media Group.
  4. Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Gaung Persada Press.
  5. Kahfi, Muhammad Alim. "Dimensi Kecerdasan Aq (Adversity Quotient) Anak dalam Perspektif Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini." Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini 2.2 (2020): 65-87.
  6. Magini, Agustina Prasetyo. 2013. Sejarah pendekatan Montessori. Yogyakarta: KANISIUS.
  7. Montessori, Maria. 2013. Metode Montessori. Terj. Ahmad Lintang Lazuardi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  8. Roopnarine, Jaipaul L. & James E. Johnson. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Berbagai Pendekatan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.
  9. Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Indeks.
  10. Suyadi dan Maulidya Ulfah. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.