Main Article Content

Abstract

Peserta didik di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), masuk dalam kategori remaja awal atau masa puber dengan ditandai adanya perubahan – perubahan yang dialami dalam fase ini. Masa perkembangan remaja awal yang panjang dikenal sebagai masa yang penuh kesukaran dan persoalan.


Tugas perkembangan masa remaja pada umumnya meliputi pencapaian dan persiapan segala hal yang berhubungan dengan kehidupan masa dewasa diantaranya: mempersiapkan diri untuk mencapai karier (jabatan dan profesi) tertentu dalam bidang kehidupan ekonomi.


Pemilihan karier dalam rangka mencapai kematangan karier yang baik biasanya dimulai saat siswa kelas XII. Super (Masmuhazir, 2017) menyebut siswa kelas XII berada pada periode kristalisasi dan pada periode ini mereka sedang dalam tahap eksplorasi, berlangsung dari usia 14 – 24 tahun.  Pada periode ini mereka mulai mengidentifikasi dan mengimplementasikan pilihan karier dengan memilih pendidikan lanjutan atau langsung terjun ke dunia pekerjaan yang sesuai dengan keinginan serta minat yang dimiliknya.

Keywords

Pohon Karir Kematangan Karir Layanan Informasi

Article Details

How to Cite
Rochmaningsih, D. (2021). Pohon Karier pada Layanan Informasi Tingkatkan Kematangan Karier Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 3 Pekalongan Tahun 2021. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 91 - 95. https://doi.org/10.24905/jcose.v3i2.78

References

  1. Affifah, M.Z. 2017, Efikasi Diri dan kematangan karier pada siswa SMA dan SMK. Skripsi, Bekasi: Universitas Islam 45 Bekasi (tidak diterbitkan)
  2. Bloger, BK Inspiration, Pohon Karier, 23 Juni 2017, larasameliaa.blogspot.com/2017/06/pohon-karir.html, diakses tanggal 25 mei 2021
  3. Badan Pusat Statistika, 2021, Tingkat Pengangguran Terbuka (Data Semesteran) (persen), 2020-2021 di Jawa Tengah, diakses tanggal 25 Mei 2021
  4. Badan Pusat Statistika, 2021, Penduduk berumur 15 tahun ke atas menurut Pendidikan Tertinggi yang ditamatkan dan jenis kegiatan selama seminggu yang lalu di kota Pekalongan, 2020, https://pekalongankota.bps.go.id, Pekalongan Municipalty in Figures 2021, diakses pada tanggal 25 Mei 2021
  5. Hidayati, Richma. Layanan informasi karier membantu peserta didik dalam meningkatkan pemahaman karier, Program studi bimbingan dan konseling FKIP Universitas Muria Kudus, Jurnal konseling GUSJIGANG Vol. 1 No. 1 Tahun 2015 ISSN 2460-1187
  6. Nurrohman, M. Wahid. 2010, Layanan Informasi dalam bimbingan dan konseling Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, Universitas Lampung
  7. Masmuhazir, M.(2017). Efikasi Diri dan kematangan Karier siswa kelas XII SMK Wahid Hasyim Bangil Pasurupan, Skripsi, Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
  8. Rachmasari, Nindya Arum dan Lucky Purwantini, kemandirian belajar dan dukungan keluarga terhadap kematangan karier pada siswa SMA, Universitas Islam, Jurnal SELARAS. Kajian Bimbingan dan Konseling serta psikologi pendidikan Volume 1, Nomor 2, November 2018 (153-167), e-ISSN:2621-0606
  9. Saifuddin, A. 2018. Kematangan Karier: Teori dan strategi memilih jurusan dan merencanakan karier, Yogyakarta: Pustaka Belajar
  10. Syah, Muhibbin. 2014, Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru, Remaja Rosdakarya Offset, Bandung
  11. Winkel dan Hastuti, Sri, 2005, Bimbingan dan konseling di Institusi Pendidikan, Yogyakarta, Media Abadi.