Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan strategi self management untuk meningkatkan disiplin belajar peserta didik kelas XI SMA Lab School Pancasakti Tegal. Sebagai populasi adalah seluruh peserta didik kelas XI dengan menggunakan jenis penelitian populasi karena jumlah keseluruhan peserta didik kelas XI hanya berjumlah 26 peserta didik, sebagai sampel dengan teknik total sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik angket, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan deskriptif prosentase setiap variabelnya. Sedangkan untuk mengetahui efektifitas penerapan strategi self management untuk meningkatkan disiplin belajar menggunakan analisi uji t. Hasil analisis maka dapat disimpulkan 1) tingkat disiplin belajar peserta didik sebelum penerapan strategi self management bahwa skor persentase terbanyak 8 peserta didik atau sejumlah 30,8% yaitu dalam kriteria rendah 2) tingkat disiplin belajar peserta didik setelah penerapan strategi self management menunjukan bahwa skor persentase terbanyak 9 peserta didik atau sejumlah 34,6% yaitu dalam kriteria tinggi 3) hasil perhitungan analisi ujit diperoleh thitung lebih besar dari ttabel sehingga dapat dinyatakan penerapan strategi self management efektif dalam meningkatkan disiplin belajar.

Keywords

Belajar, Disiplin, Self Management

Article Details

How to Cite
Handayani, rennie. (2019). Penerapan Strategi Self Management untuk Meningkatkan Disiplin BelajarPeserta Didik. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 8-13. https://doi.org/10.24905/jcose.v1i1.7