Main Article Content

Abstract

Permasalahan dalam penelitian tindakan bimbingan ini adalah rendahnya tingkat kedisiplinan siswa masuk kelas pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Talang tahun Pelajaran 2019/2020. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas selama 2 siklus yang setiap siklusnya dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan dengan menggunakan layanan Konseling kelompok dengan pendekatan behavioral. Dari hasil pengamatan  menunjukkan adanya peningkatan kedisiplinan siswa masuk kelas datang tepat waktu pada prasiklus  terlambat 13 siswa (40,63%), bolos 6 siswa (18,75%), alpa 10 siswa  31,25%). Setelah diadakan tindakan  pada siklus 1, terlambat 6 siswa (18,75%),  bolos 3 siswa (9,36%),alpa 6 siswa (24%). Pada siklus 2 mengalami peningkatan yang signifikan terlambat 3 siswa (9,36%), bolos ( 0% ),alpa 2 siswa (5,8%). Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kedisiplinan siswa masuk kelas/sekolah.  Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model Konseling kelompok dengan pendekatan behavioral terbukti dapat meningkatkan kedisiplinan siswa masuk kelas pada siswa VIIIA semester 2 SMP Negeri 1 Talang Tahun Pelajaran 2019/2020.

Article Details

How to Cite
lutiyem, lutiyem. (2020). Peningkatan Kedisiplinan Siswa Masuk Kelas melalui Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Behavioral. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 7-14. https://doi.org/10.24905/jcose.v3i1.63

References

  1. Loso. 2007. Budi Pekerti Jilid 1. Jakarta: CV. Sinar Cemerlang Abadi.
  2. Setiawan, Conny. 2009. Penerapan Pembelajaran Bagi Anak. Bandung: Pt Indeks.
  3. Kurnanto, M. Edi. 2013. Konseling Kelompok. Bandung: Alfabeta.
  4. Nurihsan, Achmad Juntika. 2010. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refrika Aditama
  5. Rintiyastini, Yulia & Suzy Charlote, Yulia S. 2006. Bimbingan Konseling 2 SMP. Jakarta: PT. Gelora Pratama.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'WHERE'