Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara mengatasi kecemasan belajar daring dengan pendekatan behavioral rehearsal dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kecemasan belajar daring  (online) pada masa pandemi covid-19 pada siswa SMA di Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dimana penelitian ini menghasilkan data berupa kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati.Hasil pembahasan adalah Behavioral Rehearsal dapat mengatasi kecemasan belajar daring pada masa pandemi covid-19 dengan cara latihan melalui cara: mempraktekkan perilaku yang dicontohkan, memberikan motivasi kepada siswa tentang strategi-strategi  (penguatan) dan langkah dalam mengerjakan tugas dan juga belajar daring.

Keywords

behavioral rehearsal Kecemasan belajar daring covid 19

Article Details

How to Cite
Sura, H. (2020). Behavioral Rehearsal untuk Mengatasi Kecemasan Belajar Daring (Online) Masa Pandemi Covid-19. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 1-6. https://doi.org/10.24905/jcose.v3i1.60

References

  1. Andang, H& Ujam, J. 2013. Psikologi Kepribadian (Lanjutan). Bandung: Pustaka Setia.
  2. Corey, G. (2012). The Theory and practise of group counseling. 8rd ed. Pacific Grove, California: Books/Cole
  3. Elford, Brandle T. (2016). 40 teknik yang harus diketahui setiap konselor (edisi kedua) Pustaka Pelajar. Yogyakarta
  4. Hamalik, O. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
  5. Kurnanto,M.Edi. (2013). Konseling Kelompok.Bandung; Alfabeta
  6. Makmun, K. 2014. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
  7. . 2014. Psikologi Konseling. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
  8. Naugle dan Maher (2008). Modeling and Behavioral rehearsal. Dalam W.O’Donohue,J.E. Fisher, & S.C.
  9. Shalih, M. M. 2006. Terapi Mengatasi Kecemasan. Jakarta: Rohani Press
  10. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta, Bandung.
  11. Syamsu, Yusuf & Juntika, A. Nurihsan. 2011. Teori Kepribadian. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  12. Ujam, J. 2015. Dinamika Kepribadian (Psikodinamik). Bandung: Pustaka Setia.
  13. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses.
  14. Yustinus, S. 2006. Teori Kepribadian dan Terapi Psikoanalitik Freud. Yogyakarta: Kanisius.
  15. Yusuf, S. 2011. Psikologi Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset

DB Error: Unknown column 'Array' in 'WHERE'