Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya keefektifan layanan konseling kelompok terhadap kematangan komunikasi interpersonal peserta didik. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiannya eksperimen. Desain penelitian pre-test and post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MA Salafiyah Karangtengah Warungpring Pemalang tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 144 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan sampling purposive diambil sebanyak 15 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif presentase dan analisis statistik uji t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penghitungan pada pre-test diperoleh skor rata-rata sebesar 93,8 dan pada post-test diperoleh skor rata-rata 130. Hasil simpulan ada keefektifan layanan konseling kelompok terhadap komunikasi interpersonal peserta didik di kelas XI MA Salafiyah Karangtengah Warungpring Pemalang.