Main Article Content

Abstract

Permasalahan dalam penelitian tindakan bimbingan konseling ini adalah rendahnya tingkat kedisiplinan siswa di sekolah pada siswa kelas X SOS 2 tahun pelajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah melalui layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan behavioral dapat meningkatkan kedisipliman masuk kelas pada siswa kelas X SOS 2 SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Akademik 2019/2020 ?. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas selama 2 siklus yang setiap siklusnya dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan behavioral dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Dari hasil pengamatan  menunjukkan adanya peningkatan kedisiplinan siswa di sekolah, datang tepat waktu pada prasiklus  terlambat 17 siswa (48,5%),Bolos 6 siswa (17,1%), alpa 14 siswa (40 %) Setelah diadakan tindakan  pada siklus 1, terlambat 7 siswa (20%),  bolos 3 siswa (8,57%),alpa 6 siswa (17,1%). Pada siklus 2 mengalami peningkatan yang signifikan terlambat 3 siswa (8,8%), bolos ( 0% ),alpa 2 siswa (5,71%) .Hal ini menunjukkan adanya peningkatan  kedisiplinan siswa di sekolah dengan menggunakan pendekatan behavioral pada kelas X SOS 2 Tahun Akademik 2019/2020.  

Article Details

How to Cite
Kisrini, E. (2020). Upaya Peningkatan Kedisiplinan Siswa Masuk Kelas Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Behavioral . JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(02), 1-12. https://doi.org/10.24905/jcose.v2i02.54

DB Error: Unknown column 'Array' in 'WHERE'