Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya layanan bimbingan kelompok dengan teknik mind mapping terhadap perencanaan karir siswa. Penelitian kuantitatif melalui metode peneltian True Experimental Design dengan model pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X jurusan Multimedia SMK N 11 Semarang dengan jumlah 143 siswa. Kelas X Multimedia 3 adalah kelas yang dipergunakan untuk tryout sebanyak 35 siswa. Sampel dalam penelitian yaitu 16 siswa kelas X Multimedia 1 dan x Multimedia 4 SMK N 11 Semarang yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Alat pengumpul data yang dipergunakan adalah skala perencanaan karir. Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan ada peningkatan perencanaan karir pada kelompok eksperimen sebesar 78,875 point. Hasil perhitungan uji hipotesis menunjukkan thitung= 385,7 > ttabel = 2,100 dengan db = 14 daraf taraf signifikannya 5%(0,05) maka thitung lebih besar dari ttabel. Atas dasar perhitungan tersebut maka hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “ada pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa kelas X Jurusan Multimedia SMK N 11 Semarang” diterima kebenarannya pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian menunjukkan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik mind mapping terhadap perencanaan karir siswa.