Main Article Content
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan penyesuaian diri melalui layanan bimbingan klasikal dengan teknik permainan edukatif pada siswa kelas X-MIA 3 SMA Negeri 1 Balapulang semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK) dengan 2 siklus. Hasil siklus II, diketahui dari hasil analisa skala penyesuaian diri diperoleh data dari 3 siswa yang penyesuaian diri tergolong kategori sangat rendah, 1 orang masih berada pada kategori sangat rendah dan 2 siswa meningkat menjadi rendah dan 5 siswa pada kategori rendah, 2 siswa meningkat menjadi cukup dan 3 orang menjadi kategori baik, sedangkan 4 siswa yang pada siklus 1 berada dalam kategori cukup meningkat menjadi baik. Dari keseluruhan siklus yang dilakukan pada kegiatan layanan bimbingan klasikal di kelas X-MIA 3 SMA Negeri 1 Balapulang semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 dapat disimpulkan dan menjawab hipotesis bahwa melalui pemberian layanan bimbingan klasikal dengan teknik permaian edukatif dapat meningkatkan penyesuaian diri siswa kelas X- MIA 3 SMA Negeri Balapulang semester 2 tahun pelajaran 2018/2019.