Main Article Content

Abstract

Abstrak


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan penyesuaian diri melalui layanan bimbingan klasikal dengan teknik permainan edukatif pada siswa kelas X-MIA 3 SMA Negeri 1 Balapulang semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK) dengan 2 siklus. Hasil siklus II, diketahui dari hasil analisa skala penyesuaian diri diperoleh data dari 3 siswa yang penyesuaian diri tergolong kategori sangat rendah, 1 orang masih berada pada kategori sangat rendah dan 2 siswa meningkat menjadi rendah dan 5 siswa pada kategori rendah, 2 siswa meningkat menjadi cukup dan 3 orang menjadi kategori baik, sedangkan 4 siswa yang pada siklus 1 berada dalam kategori cukup meningkat menjadi baik. Dari keseluruhan siklus yang dilakukan pada kegiatan layanan bimbingan klasikal di kelas X-MIA 3 SMA Negeri 1 Balapulang semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 dapat disimpulkan dan menjawab hipotesis bahwa melalui pemberian layanan bimbingan klasikal dengan teknik permaian edukatif dapat meningkatkan penyesuaian diri siswa kelas X- MIA 3 SMA Negeri Balapulang semester 2 tahun  pelajaran 2018/2019.

Keywords

Layanan Bimbingan Klasikal Penyesuaian Diri Teknik Permainan Edukatif

Article Details

How to Cite
rasyid, mufidoh. (2019). Upaya Meningkatkan Penyesuaian Diri melalui Layanan Bimbingan Klasikal dengan Teknik Permainan Edukatif. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 35-39. https://doi.org/10.24905/jcose.v2i1.49

DB Error: Unknown column 'Array' in 'WHERE'