Main Article Content

Abstract

Kedisiplinan belajar salah satu faktor yang mempengaruhi kegiatan siswa dalam proses belajar mengajar serta kunci keberhasilan dalam belajar. Tujuan pembahasan dalam penelitian ini bahwa layanan informasi dengan teknik diskusi berpengaruh terhadap kedisiplinan belajar kelas XI IPS SMA Institut Indonesia Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini penelitian kuantitatif, metode True Experimental.  Siswa yang pada saat Pre-Test  berada pada rata-rata 72,03 setelah perlakuan menjadi berada pada rata-rata 85,56. Terjadi peningkatan sebesar 13,53. Sedangkan pada kelompok kontrol saat Pre-Test  rata-rata sebesar 80,07 dan saat Post-Test rata-rata sebesar 81,8, sehingga pada kelompok kontrol hanya terjadi peningkatan sebesar 1,1. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang telah diberi treatment berupa layanan informasi dengan teknik diskusi.

Keywords

Layanan Informasi, Teknik Diskusi Terhadap, Kedisiplinan Belajar

Article Details

How to Cite
Ahdiansyah, H. (2019). Layanan Informasi dengan Teknik Diskusi Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 16-20. https://doi.org/10.24905/jcose.v1i2.25