Efektivitas Bimbingan Klasikal dengan Metode Ekspositori Gaming untuk Meningkatkan Konsep Diri Remaja

Main Article Content

Nazhila Tika Waluyo
Nala Saraswati
Maulana Ahmad Fajar Firdaus
Binti Nuriyatul Muthi’ah
Ayu Rahmawati Ayu

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan konsep diri remaja yang sedang menempuh sekolah jurusan pemasaran di SMKN 1 Ngawi. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis pre experimental menggunakan One Group Pre Test Post Test Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala konsep diri dengan skala 1-4. Data dianalisis menggunakan uji wilcoxon dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Dalam uji Wilcoxon terdapat positive ranks sejumlah 28 responden, dengan mean 14,50, serta Sum of Ranks 406,00 yang menunjukkan bahwa terdapat kenaikan dari pre-test ke post-test yang berjumlah 28 responden, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatak ke konsep diri positif yakni terdapat 28 peserta didik. Sedangkan, dalam kolom ties terdapat 2 responden, yang artinya terdapat 2 responden yang memiliki nilai sama. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00, yakni nilai sig.P-value 0,00 < 0,05 yang Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan klasikal dengan metode ekspositori dan permainan efektif digunakan sebagai peningkatan konsep diri pada siswa SMKN 1 Ngawi.


 


 

Article Details

How to Cite
Nazhila Tika Waluyo, Nala Saraswati, Maulana Ahmad Fajar Firdaus, Binti Nuriyatul Muthi’ah, & Ayu, A. R. (2025). Efektivitas Bimbingan Klasikal dengan Metode Ekspositori Gaming untuk Meningkatkan Konsep Diri Remaja. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 7–18. https://doi.org/10.24905/jcose.v7i1.194
Section
Articles

References

Aulia, F., Kamaria, K., & Musifuddin, M. (2022). Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Konsep Diri Dalam Pengambilan Keputusan Karir Siswa. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 5(2), 78–89. https://doi.org/10.29408/jkp.v5i2.4965
Darmawani, E. (2018). Metode Ekspositori Dalam Pelaksanan Bimbingan Dan Konseling Klasikal. Jurnal Wahana Konseling, 1(2), 30. https://doi.org/10.31851/juang.v1i2.2098
Haruna, D. (2017). Usaha Meningkatkan Konsep Diri yang Positif Siswa Kelas XII TKJ 2 SMKN 2 Pinrang Melalui Konseling Peer Group. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 12–23. https://doi.org/10.33477/alt.v2i1.322
Jahju Hartani. (2018). Konsep Diri Karakteristik Berbagai Usia. Universitas PGRI Adi Buana.
Jannah, M. (2017). Remaja Dan Tugas-Tugas Perkembangannya Dalam Islam. Psikoislamedia?: Jurnal Psikologi, 1(1), 243–256. https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v1i1.1493
Kiling, B., & Indra, Y. (2015). Jurnal psikologi pendidikan dan konseling. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 1(1), 84–92. http://ojs.unm.ac.id/JPPK/article/view/1537/604
Kushendar, H., & Abdi, S. (2018). Pentingnya memahami konsep diri remaja sebagai identitas budaya dalam mengeksplorasi perilaku masyarakat. Teraputik: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2), 62–66. https://doi.org/10.26539/teraputik.22104
Meitria Syahadatina Noor. (2020). Panduan Kesehatan Reproduksi Remaja (1st ed.). CV Mine.
Ningsih, D. P. (2017). Studi kasus tentang siswi yang memiliki konsep diri negatif pada kelas X SMA Mujahidin Pontianak tahun 2017. Journal of Equatorial Education and Learning, 6, 1–9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/22530/17902
Novilita, H., & Suharnan. (2013). Konsep Diri Adversity Quotient Dan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Psikologi, 8(1), 619–632. https://media.neliti.com/media/publications/127255-ID-konsep-diri-adversity-quotient-dan-keman.pdf
Rukminingsih. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Erhaka Utama.
Septora, R., & Hidayah, I. (2022). Pengaruh Bimbingan Klasikal terhadap Konsep Diri. Counseling Milenial (CM), 3(2), 205–216. https://doi.org/10.24127/konselor.v3i2.2350
Siti Aisyah, Syawaluddin, B. T. Y. (2023). Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal Terhadap Pemahaman Diri Peserta Didik Kelas VII.I Di SMP Negeri 3 Bukittinggi,. Journal: General And Specific Research, 3(3), 770–779.
Subaryana. (2015). Konsep Diri Dan Prestasi Belajar. Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa Dan Seni, 7(2), 1–10.
Suryana, E., Hasdikurniati, A. I., Harmayanti, A. A., & Harto, K. (2022). Perkembangan Remaja Awal, Menengah Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 1917–1928. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3494
Syafwar, F. (2016). Merubah Konsep Diri Negatif Remaja Dengan Bibliotherapy. Ta’dib, 18(1), 26. https://doi.org/10.31958/jt.v18i1.275
Syahraeni, A. (2019). Pembentukan Konsep Diri Reamaja (Andi Syahraeni) PEMBENTUKAN KONSEP DIRI REMAJA. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 06, 67–80.