Main Article Content
Abstract
Penelitian Profil Penyesuaian Diri pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 8 Semarang ini dilatar belakangi masih terdapat siswa belum bisa menyesuaikan diri di lingkungan sekolah. Berdasarkan Analisis Kebutuhan Peserta Didik (AKPD) kelas X menunjukkan bahwa masih terdapat siswa yang belum mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah baik itu menyesuaikan dengan pelajaran di sekolah, guru, maupun kesulitan dalam bergaul dengan teman sebayanya. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk memahami profil penyesuaian diri pada peserta didik kelas X di SMA Negeri 8 Semarang. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metodelogi studi deskriptif. Adapun jumlah sampel penelitian ini yakni 260 siswa kelas X dengan teknik penghimpunan sampel menerapkan sampel jenuh. Perolehan penelitian memperlihatkan penyesuaian diri siswa di SMA Negeri 8 Semarang tahun ajaran 2023/2024 rata-rata berada pada kategori sedang dengan perolehan 40,38%, terdapat siswa dengan perolehan kategori sangat tinggi 1,92%, tinggi 38,07%, dan rendah 19,61 %.
Keywords
Article Details
References
- Mulyani, R. R., Belni, W. P., & Andini, S. (2020). Gambaran Penyesuaian Diri Remaja yang Diasuh oleh Orangtua Single Mother dan Single Father.
- Zakiyyah, A. L., & Muslikah, M. (2018). Meningkatkan penyesuaian diri siswa terhadap program peminatan mipa melalui bimbingan klasikal teknik sosiodrama. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 4(1), 36-41.
- Nasir, N. (2022). Kesulitan-Kesulitan Proses Adaptasi Mahasiswa Baru: Studi Kasus pada Salah Satu Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Indramayu. Gema Wiralodra, 13(2).
- Amalia, I., & Astuti, W. (2023). GAMBARAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS 1 TSANAWIYAH DI DAYAH TERPADU AL-MUSLIMUN. INSIGHT: Jurnal Penelitian Psikologi, 1(4), 791-801.
- Endang, W. N., Hendriana, H., & Ningrum, D. S. A. (2021). Gambaran Penyesuaian Diri Siswa Kelas X IPA 3 SMA Negeri 25 Garut. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 4(1), 32-38.
- Annisa, A., Erawati, D., & Faz, G. O. (2023). Gambaran penyesuaian diri siswa baru kelas x MA Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin Kota Palangka Raya. Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 8(1), 161-167.
- Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Alfabeta.
- Nurfauziah, S., & Suherman, M. M. (2022). GAMBARAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SOREANG. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 5(1), 44-49.
- Laia, B. (2022). Hubungan Penyesuaian Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 4 Fanayama. COUNSELING FOR ALL: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 25-38.
- Astini, N. K. B., & Widiawati, D. (2017). Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Kematangan Karir Siswa Kelas X Pada Sma “X” Badung Bali. JURNAL PSIKOLOGI MANDALA, 1(2).