Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi meningkatnya kasus masalah kesehatan mental di kalangan remaja Indonesia, khususnya mereka yang berada di tingkat sekolah menengah. Mengingat kerentanan remaja terhadap tantangan emosional dan mental selama periode ini, menjadi krusial untuk mengimplementasikan intervensi yang efektif dalam mencegah perkembangan masalah-masalah ini menjadi gangguan mental yang lebih serius. Penelitian ini mengusulkan penggunaan presentasi PowerPoint interaktif yang mengintegrasikan prinsip-prinsip stoicisme sebagai alat intervensi dalam setting pendidikan. Tujuannya adalah untuk mengevaluasi dampak pendekatan psikoedukatif berbasis filsafat stoisme terhadap kesejahteraan mental siswa dan menilai efektivitasnya dalam meningkatkan kinerja akademik siswa. Studi ini melibatkan 31 siswa dari SMA Negeri Pandeglang yang dipilih menggunakan metode sampling acak sederhana. Menggunakan desain pretest-posttest dalam kerangka Penelitian dan Pengembangan (RnD), data dikumpulkan melalui kuesioner, skala psikologis, dan pengukuran kemanjuran. Analisis meliputi uji normalitas dan t-test berpasangan untuk pengujian hipotesis, yang menghasilkan nilai signifikansi (Sig) 0,001 < 0,05, memungkinkan penolakan hipotesis nol demi hipotesis alternatif. Hal ini menunjukkan bahwa materi PowerPoint interaktif memberikan efek positif terhadap kemanjuran belajar dan ada hubungan signifikan antara kesehatan mental siswa dengan tingkat pemahaman mereka tentang konsep psikoedukasi dalam stoisme. Kedua temuan ini mendukung validitas dari intervensi yang diusulkan.


pengembangan multimedia, kesehatan mental, filosofi stoicisme


 

Keywords

pengembangan multimedia kesehatan mental filosofi stoicisme

Article Details

How to Cite
Siti Kholifatul Maghfir, Venty, & Chr. Argo Widiharto. (2024). Pengembangan Media Power Point Interaktif: Psikoedukasi Filosofi Stoicisme dalam Menjaga Kesehatan Mental Siswa. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 13-20. https://doi.org/10.24905/jcose.v6i2.162

References

  1. Ersaliya, & Safitri, R. E. (2022). Psikoedukasi Filosofi Stoic pada Generasi Z. Jurnal Abdimas Indonesia, 2(4), 550–554. https://doi.org/10.53769/jai.v2i4.348
  2. Febria, D., Christian, M., Fitriana, N., Cinthya, L., & Teresa, A. (2021). Edukasi Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Bagi Siswa Selama Pandemi. 3, 689–699. http://journal.uib.ac.id/index.php/nacospro
  3. Febrianti, A., Elita, V., & Dewi, W. N. (2022). Hubungan Pengetahuan Tentang Kesehatan Mental Dengan Status Mental Remaja. Riau Nursing Journal, 1(1), 70–79. https://doi.org/10.31258/rnj.1.1.70-79
  4. Guntus, A., Kogaya, E., & Ulfa, M. (2023). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Perilaku Perawatan Diri Kesehatan Jiwa Generasi Z Suku Lani Papua. Media Husada Journal Of Nursing Science, 4(2), 119–124. https://doi.org/10.33475/mhjns.v4i2.142
  5. Malfasari, E., Febtrina, R., Herniyanti, R., Timur, L. B., Sekaki, P., Tim, L. B., Kota, P., & Pekanbaru, K. (2020). Kondisi Mental Emosional pada Remaja. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 241–246.
  6. Manampiring, H. (2019). FFiolosofi Teras (P. Wulandari (ed.); 1st ed.). PT Kompas Media Nusantara.
  7. Nur, Y. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Interaktif Berbasis Powerpoint pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6190–6196. https;//jbasic.org/index.php/basicedu
  8. Putri, H. P., & Nurafni, N. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3538–3543. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.986
  9. Wahdi, A. E., Setyawan, A., Putri, Y. A., Wilopo, S. A., Erskine, H. E., Wallis, K., McGrath, C., Blondell, S. J., Whiteford, H. A., Scott, J. G., Blum, R., Fine, S., Li, M., & Ramaiya, A. (2022). Indinesi - Nasional Adolescent Mental Health Survey: Laporan Penelitian (A. E. Wahdi & A. A. Kuntoro (eds.); 1st ed.). Pusat Kesehatan Reproduksi. https://qcmhr.org/outputs/reports/12-i-namhs-report-bahasa-indonesia/file
  10. Wirnawa, K., & Sukma Dewi, P. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 1 Gedongtataan Di Era Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 3(2), 109–113. https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/view/2287/647