Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang mengalami permasalahan rendahnya kecerdasan emosi siswa dari kegiatan sehari-hari bahwa siswa dalam minat belajarnya rendah, rasa empati terhadap sesama kurang dan juga rasa menghargai sangat kurang terlihat dari kegiatan pembelajaran di kelas masih banyak siswa yang tidak mencerminkan sikap sopan santun terhadap guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh laynana bimbinga kelompok denga teknik talking chips terhadap kecerdasan emosi siswa kelas XI SMA Negeri 7 Cirebon. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Medote penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas experimental design dengan desain penelitian one group pretest-postest. Populasi penelitian ini adalah kelas XI SMA Negeri 7 Cirebon. Sampel yang diambil dengan teknik simple random sampling. Datta dalam penelitian ini diperoleh melalui intrument penelitian berupa skala psikologi kecerdasan emosi. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh hasil signifikansi (2- tailed) 0,000 < 0,05. Jadi, terdapat perbedaan yang signifikan antara variabel awal (pre-test) dengan variabel akhir (post-test). Dengan kata lain, Ho ditolak dan Ha diterima. Atas dasar perhitungan tersebut maka hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “ada pengaruh yang signifikan terhadap kecerdasan emosi siswa kelas XI SMA Negeri 7 Cirebon setelah diberikan tindakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Talking Chips” diterima kebenarannya.

Article Details

How to Cite
Dinda Nur Irbah Putri Abdurachman, Siti Fitriana, & Desi Maulina. (2024). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Talking Chips Terhadap Kecerdasan Emosi Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Cirebon . JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 53-60. https://doi.org/10.24905/jcose.v6i1.154

References

  1. Asmani, Jamal Ma‟mur. 2009. Manajemen Strategis Pendidikan anak Usia Dini (Memahami sistem kelembagaan, Metode Pengajaran, Kurikulum, Ketrampilan, dan Pelatihan-pelatihanya). Yogyakarta: Diva Press.
  2. Anita Lie. 2002. Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
  3. Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
  4. Amin, dkk. (2022) Model Pembelajaran Kontemporer. Bekasi: LPPM UNISMA
  5. Barkley Elizabert E, dkk. 2016. Collaborative Learning Techniques: Teknik-Teknik Pembelajaran Kolaboratif. Bandung: Nusa Media
  6. Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish
  7. Dewi. 2018. Kecerdasan Emosional Dalam Tradisi Upa – Upa Tondi Pada Etnis Mandalin. Vol.4. No.1. https://jurnal.unimed.ac.id
  8. Fadilah, Syifa Nur. 2019. Layanan Bimbingan Kelompok dalam Membentuk Sikap Jujur Melalui Pembiasaan. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam. Vol.3
  9. Goleman, Daniel. 2015. Emotional Intelligence (terjemahan). Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
  10. Handayani. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Sejarah. Vol. 6. No. 1. Diunduh 8 Oktober 2021. http://journal.unj.ac.id
  11. Hurlock. Elizabeth. 2012. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
  12. Huda Miftahul. 2012. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Model.
  13. Hartinah, Siti. 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: Rafika Aditama.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  14. Isjoni. 2010. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Antara Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  15. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  16. Sri Narti. 2019. Kumpulan Contoh Laporan Hasil Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling. Yogyakarta: Deepublish
  17. Suryani, Liliek. "Upaya Meningkatkan Sopan Santun Berbicara Dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok." E-Jurnal Mitra Pendidikan 1.1 (2017): 112-124.
  18. Pranoto, Hadi. "Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di SMA Negeri 1 Sungkai Utara Lampung Utara." Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro 1.1 (2016): 100-111.
  19. Rikatsih Nindynar, dkk. 2021. Metodologi Penelitian diberbagai Bidang. Bandung: Media Sains Indonesia
  20. Tohirin. 2015. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: PT Rajagratindo Persada.