Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik assertive training untuk meningkatkan self esteem siswa. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiannya quasi eksperimen.  Desain  penelitian nonequivalent control group design.  Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  siswa kelas  XI SMA  Negeri 9 Pandeglang Tahun Ajaran 2023/2024 sebanyak 144 siswa. Pengambilan sampel   menggunakan   sampling   purposive   berjumlah 24 orang, kemudian dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang berjumlah 12 orang dan kelompok kontrol berjumlah 12 orang.   Metode   pengumpulan   data menggunakan  angket,  observasi  dan  dokumentasi.  Teknik analisis  data  menggunakan  analisis  statistik deskriptif  presentase  dan  analisis  statistik  uji  t  (t-test).  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  penghitungan  pada  post test kelompok eksperimen diperoleh nilai signifikan atau sig = 0.004, yang berarti lebih kecil dari α = 0.05 atau dengan kata lain p = 0.004 < 0.05. Hasil  simpulan  ada keefektifan  layanan  bimbingan  kelompok  dengan teknik assertive training untuk meningkatkan Self Esteem siswa.

Article Details

How to Cite
Hana Fatimah, , Fadhila Malasari Ardini, & Devi Nurul Fikriyani. (2023). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Assertive Training untuk Meningkatkan Self Esteem siswa. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 28-36. https://doi.org/10.24905/jcose.v6i1.151

References

  1. Audina, W.A., Abu Bakar. & Nurbaity. (2019). Efektifitas Teknik Latihan Asertif Untuk Meningkatkan Self Esteem. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Vol 4. No 3. Hal 1- 6
  2. Awlawi, A.H. (2013). Teknik Bermain Peran Pada layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Self-Esteem. Jurnal Ilmiah konseling. 2 (1), 182-190.
  3. Azizah, A. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Naratif. Jurnal BK UNESA, 7(2).
  4. Azizah. (2013). Kebahagiaan dan Permasalahan Di Usia Remaja. Jurnal Bimbingan Konseling Islam. Vol. 4, No. 2.
  5. Delila, H. (2013). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Self Esteem (harga Diri) Siswa SMA Negeri 1 Dolok Batu Nanggar. Skripsi pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan.
  6. Ihsani, Annisa. (2021). Efektivitas Teknik Assertive Training Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa Di Sekolah menengah atas negeri 1 tambang. Skripsi pada Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Uin Suska Riau
  7. Masdudi. (2015). Bimbingan dan Konseling Perspektif Sekolah. Cirebon: Nurjati Press
  8. Sudarwan, D. (2013). Perkembangan Siswa. Bandung: Alfabeta, h. 84
  9. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  10. Tohirin. (2013). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. BerbasisIntegritas, Jakarta: PT Faja Grafindo Persada. Hlm 164