Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik assertive training untuk meningkatkan self esteem siswa. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiannya quasi eksperimen. Desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 9 Pandeglang Tahun Ajaran 2023/2024 sebanyak 144 siswa. Pengambilan sampel menggunakan sampling purposive berjumlah 24 orang, kemudian dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang berjumlah 12 orang dan kelompok kontrol berjumlah 12 orang. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif presentase dan analisis statistik uji t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penghitungan pada post test kelompok eksperimen diperoleh nilai signifikan atau sig = 0.004, yang berarti lebih kecil dari α = 0.05 atau dengan kata lain p = 0.004 < 0.05. Hasil simpulan ada keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik assertive training untuk meningkatkan Self Esteem siswa.
Article Details
References
- Audina, W.A., Abu Bakar. & Nurbaity. (2019). Efektifitas Teknik Latihan Asertif Untuk Meningkatkan Self Esteem. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Vol 4. No 3. Hal 1- 6
- Awlawi, A.H. (2013). Teknik Bermain Peran Pada layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Self-Esteem. Jurnal Ilmiah konseling. 2 (1), 182-190.
- Azizah, A. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Naratif. Jurnal BK UNESA, 7(2).
- Azizah. (2013). Kebahagiaan dan Permasalahan Di Usia Remaja. Jurnal Bimbingan Konseling Islam. Vol. 4, No. 2.
- Delila, H. (2013). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Self Esteem (harga Diri) Siswa SMA Negeri 1 Dolok Batu Nanggar. Skripsi pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan.
- Ihsani, Annisa. (2021). Efektivitas Teknik Assertive Training Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa Di Sekolah menengah atas negeri 1 tambang. Skripsi pada Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Uin Suska Riau
- Masdudi. (2015). Bimbingan dan Konseling Perspektif Sekolah. Cirebon: Nurjati Press
- Sudarwan, D. (2013). Perkembangan Siswa. Bandung: Alfabeta, h. 84
- Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Tohirin. (2013). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. BerbasisIntegritas, Jakarta: PT Faja Grafindo Persada. Hlm 164