Main Article Content

Abstract

Usia periode pertumbuhan remaja dimulai pada usia 12 sampai dengan 13 tahun serta berakhir pada usia 20 tahun. Pada periode tersebut merupakan masa transisi remaja dalam perkembangan pada setiap individu mengalami suatu perubahan dari psikoseksual, perubahan hubungan dengan orangtua, cita-cita atau karir dalam orientasi masa depan. Pada penyelenggaraan pendidikan di Sekolah menengah atas peran guru bimbingan dan konseling salah satunya adalah membantu tercapainya perkembangan karir peserta didik/konseli. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah Menyusun multimedia interaktif bimbingan karir berbasis android Model APPED tentang program studi di  perguruan tinggi dan menghasilkan multimedia interaktif bimbingan karir berbasis android Model APPED tentang program studi di  perguruan tinggi. Metode penelitian pengembangan ini menggunakan pendekatan model APPED. Model APPED yaitu model pengembangan multimedia pembelajaran interaktif dengan diinspirasi akan kebutuhan penelitian Research and Development (R & D) dimana pada penelitian ini terdapat 5 langkah yang diperlukan dalam upaya penelitian sebagai bagian dari penelitian Research and Development. Adapun 5 langkah sistematis dan logis pada prosedur pengembangan model APPED terdiri atas : Analisis dan Penelitian Awal, Perancangan, Produksi, Evaluasi, Diseminasi. Hasil penelitian ini berdasarkan penilaian validator mendapatkan status layak dengan penjambaran dalam prosentase yaitu validator penilaian media sebesar 85%, validator penilaian materi sebesar 88,89%  dan validitas penilaian instruksional sebesar 71,87%. Hasil saran dan masukan yang disampaikan oleh peserta didik sebagai pengguna adalah sebagai berikut: 1) tata letak perlu diperbaiki kembali karena ada beberapa menu yang tidak simetris, dengan tata letak yang seperti ini mengakibatkan tampilan yang kurang rapi. 2) Kesesuaian warna perlu diselaraskan supaya dapat meningkatkan perhatian pengguna media sehingga dapat meningkatkan antusias dan perhatian pengguna media. Kesimpulan hasil penelitian maka media Multimedia Si Pagi Jateng (Sistem Informasi Perguruan Tinggi Jawa Tengah layak untuk digunakan sebagai media layanan bimbingan konseling.

Article Details

How to Cite
Muhammad Arif Budiman Sucipto, Hastin Budisiwi, Nissa Tiara Utami, Nurul Fajriyana, Muhammad Ali Saefudin, & Muhammad Ali Saefudin. (2023). Pengembangan Multimedia Si Pagi Jateng Bimbingan Karir Berbasis Android tentang Program Studi di Perguruan Tinggi . JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 107-115. https://doi.org/10.24905/jcose.v5i2.145

References

  1. Budiman, M A. 2018. “Teknik Pemilihan Media Bimbingan Dan Konseling Pada Guru Bimbingan Dan Konseling Sekota Tegal.” Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia: 1–5.
  2. Budiman, S, and Muhammad Arif. 2017. “Keefektifan Bimbingan Klasikal Berbantuan Media Audio Visual Dalam Upaya Mencegah Terjadinya Pernikahan Usia Dini.” Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia 2(2).
  3. Fikriyani, Devi Nurul, and Herdi Herdi. 2021. “Perencanaan Program Bimbingan Karir Dalam Meningkatkan Eksplorasi Karir Siswa.” JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling 7(1): 1–14.
  4. Khairun, Deasy Yunika, and Melly Sri Sulastri. 2016. “Layanan Bimbingan Karir Dalam Peningkatan Kematangan Eksplorasi Karir Siswa.” Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling 1(1).
  5. Khuzaini, Nanang, and Rusgianto Heri Santosa. 2016. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Trigonometri Menggunakan Adobe Flash CS3 Untuk Siswa SMA.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 3(1): 88–99.
  6. Kusuma, Hanif Aulia, Hanifah Muslimah Az-Zahra, and Admaja Dwi Herlambang. 2019. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Grafis Untuk Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Menggunakan Model APPED Pada Jurusan Multimedia Di SMK Negeri 4 Malang.” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN 2548: 964X.
  7. Muhlas, Maulana, and Lisna Marwani. 2020. “Development of E-Learning Smart Apps Creator (SAC) Learning Media for Selling Employees on Paid Tv.” Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan 9(02): 129–43.
  8. Putri, Novia Dumewa, Moch Edward Romli, and Kurnia Sari. 2020. “Peranan Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Perencanaan Karir Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Jarai Melalui Media Pohon Karir.” JUANG: Jurnal Wahana Konseling 3(1).
  9. Rosita, Tita, Rima Irmayanti, and Heris Hendriana. 2020. “Urgensi Bimbingan Karir Di Sekolah Dasar.” Abdimas Siliwangi 3(1): 109–205.
  10. Saputro, Khamim Zarkasih. 2018. “Memahami Ciri Dan Tugas Perkembangan Masa Remaja.” Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama 17(1): 25–32.
  11. Surjono, Herman Dwi. 2017. “Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep Dan Pengembangan.” Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
  12. Xu, Hui, Zhi-Jin Hou, and Terence J G Tracey. 2014. “Relation of Environmental and Self-Career Exploration with Career Decision-Making Difficulties in Chinese Students.” Journal of Career Assessment 22(4): 654–65.