Main Article Content

Abstract

Self-management suatu proses dimana peserta didik mengarahkan perubahan tingkah laku pada diri sendiri. Peserta didik aktif menggerakkan variabel internal, eksternal, untuk melakukan perubahan yang diinginkan. Gagasan pokok dari penelitian self management adalah perubahan dapat dihadirkan dengan mengajar orang dalam menggunakan keterampilan menangani situasi bermasalah. Dalam program self management peserta didik mengambil keputusan hal-hal yang berhubungan dengan perilaku khusus yang ingin dikendalikan atau diubah. Tujuan penelitan untuk membuktikan bahwa ada perbedaan siswa yang menerima Layanan konseling kelompok dengan teknik self management dengan yang tidak menggunakan Teknik self management. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimen. Design yang digunakan Pre-Test Post-Test Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling atau sampel bertujuan, populasi berjumlah 35 siswa dan sampel yang diambil 8 siswa kelas XI RPL, dan 8 siswa kelas XI RPL. Metode pengumpulan data menggunakan skala likert. Alat yang digunakan skala perilaku self management yang telah diujikan. Hasil penelitian menunjukkan hipotesis H1 diterima sedangkan H0 ditolak. Ini terbukti dengan hasil analisis data menggunakan uji paired sample t test pretest di peroleh 89,75 dan postest 72,50. Hasil penelitian menyimpulkan layanan Konseling kelompok dengan Teknik self management terbukti efektif.

Article Details

How to Cite
Dwi Asih Kumala Handayani, Elfi Rimayati, & Sanja Efi Fariani. (2023). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Self Management Belajar Siswa di SMK Assa’idiyyah Kudus. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 160-166. https://doi.org/10.24905/jcose.v5i2.144

References

  1. (Neitzel, J. &. B. M. 2009. “Self-Management Overview of Self-Management Module : Self-Management.” Pp. 1–4 in. National Professional Development Center on Autism Spectrum Disorders.
  2. Boland, Lauren, Kathleen Bennett, and Deirdre Connolly. 2018. “Self-Management Interventions for Cancer Survivors: A Systematic Review.” Supportive Care in Cancer. doi: 10.1007/s00520-017-3999-7.
  3. Corey, Gerald. 2012. Theory and Practice of Group Counseling. Eight Edit. Canada: Brooks/Cole Cengage Learning.
  4. Gunarsa, Singgih, D. 2011. “Konseling Dan Psikoterapi.” Psikologi.
  5. Gunarsa, Singgih D. 2011. “Konseling Dan Psikoterapi.” in Psikologi.
  6. Khotimah, Binti Khusnul. 2017. “Pengaruh Konseling Individu Dengan Teknik Self Management Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik Kelas Viii Di Smp Wiyatama Bandar Lampung.”
  7. Prayitno. 2017. Layanan Bimbingan Kelompok Dan Konseling Kelompok.
  8. Priadana,sidik& Sunarsi, Denok. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang: Pascal Books.
  9. Romadhoni, Handayani,Dwi Asih, Rahayu Indarwati. 2020. “Penerapan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Kacanduan Gadget Pada Siswa SMPIslam Yasna Karangrayung Grobogan.” Emphaty Cons 2.
  10. Sa’diyah, Halimatus, Muh Chotim, and Diana Ariswanti Triningtyas. 2017. “Penerapan Teknik Self Management Untuk Mereduksi Agresifitas Remaja.” Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling. doi: 10.25273/counsellia.v6i2.1018.
  11. Sukarti, Sri. 2018. “Mengurangi Bullying Verbal Melalui Konseling Kelompok Dengan Teknik Kontrak Perilaku.” Indonesian Journal of Guidance and Counseling 7.
  12. Supriyati Anik, Supriyo dan Awalya. 2021. “Meningkatkan Self Management Dalam Belajar Melalui Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII.” Indonesian Journal of Guidance and Counseling Volume 2 No.1 2.
  13. Wijayanti, Ratna. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. 1st ed. Lumajang: PROGRAM STUDI AKUNTANSI STIE WIDYA GAMA LUMAJANG.