Main Article Content

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kasus bullying yang mengakibatkan rasa tidak nyaman yang dialami korban pada peserta didik kelas X SMA Al-Irsyad kota Tegal tahun pelajaran 2014/2015?; 2) Apa penyebab dan dampak peserta didik kelas X SMA Al-Irsyad yang menjadi korban dari tindakan bullying oleh teman sekelas?; 3) Bagaimana upaya dan hasil penanganan terhadap peserta didik yang mengalami perlakuan bullying oleh teman sekelas di kelas X dengan layanan bimbingan konseling individu di SMA Al-Irsyad kota Tegal tahun pelajaran 2014/2015? Populasi di dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Al-Irsyad kota Tegal yang terlibat dalam kasus bullying yang berjumlah 12 anak, yang terbagi dalam 3 pelaku dan 9 korban. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan empat teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan gabungan serta tiga teknik analisis data yaitu reduksi data, display data, mengambil simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bullying terjadi di SMA Al-Irsyad kota Tegal. Terdapat tiga bentuk bullying (fisik, verbal, dan mental/psikologis) yang terjadi, mengakibatkan korban merasa tidak nyaman saat belajar di sekolah. Sebab pelaku melakukan bullying adanya faktor dari keluarga, teman sebaya, dan media video action. Untuk upaya penanganan dari kasus bullying guru BK melakukan konseling individu untuk melakukan klarifikasi kebenarannya kemudian dibuatlah surat pernyataan bagi pelaku untuk tidak mengulangi perbuatan bullying. Korban dan pelaku saling memaafkan dan korban merasa lebih baik dan tidak takut lagi.

Keywords

bullying, studi kasus, siswa

Article Details

How to Cite
maufur, maufur. (2019). Studi Kasus Terhadap Peserta Didik yang Mengalami Perlakuan Bullying oleh Teman Sekelas. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 47-50. https://doi.org/10.24905/jcose.v1i1.14