Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan siswa di SMA Negeri 1 Telukjambe Timur Kabupaten Karawang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 1 Telukjambe Timur Kabupaten Karawang sebanyak 1105 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah proportionate random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 167 siswa. Uji coba instrumen berisikan 70 butir pernyataan yang diberikan kepada 45 responden. Hasil perhitungan uji validitas diperoleh 42 butir pernyataan yang valid dan 19 butir pernyataan yang drop. Uji reliabilitas terhadap butir pernyataan yang valid memperoleh hasil sebesar 0,717. Angka tersebut menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan mempunyai reliabilitas yang tinggi. Penelitian ini menggunakan analisa deskriptif untuk menggambarkan faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan siswa di SMA Negeri 1 Telukjambe Timur Kabupaten Karawang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi kedisiplinan menurut teori Tulus Tu’U adalah hukuman sebesar 444 , mengikuti dan patuh sebesar 427, alat pendidikan sebesar 395 dan kesadaran diri sebesar 339. Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor yang paling mempengaruhi kedisiplinan siswa di Negeri 1 Telukjambe Timur Kabupaten Karawang adalah faktor hukuman. Implikasi dari penelitian ini adalah guru-guru di SMA Negeri 1 Telukjambe Timur Kabupaten Karawang yang telah mengetahui faktor penyebab kedisiplinan siswa dapat memberikan dorongan yang berguna untuk lebih mendisiplikan siswa di sekolah. Saran bagi guru BK dan pihak sekolah adalah perlu adanya kerja sama untuk memberikan pemahaman atau materi-materi yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa untuk lebih disiplin.

Keywords

Perilaku, Disiplin, Siswa

Article Details

How to Cite
Efrin Galih Dwiwinardo, Bibit Dwi Ningrun, Tita Herawati, & Fitri Apriliantini. (2022). Faktor-Faktor Perilaku Kedisiplinan Siswa Di Sma Negeri 1 Telukjambe Timur Kabupaten Karawang. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 60-65. https://doi.org/10.24905/jcose.v5i1.124

References

  1. Al-Mighwar Muhamad, 2006. psikologi remaja; petunjuk bagi guru dan orang tua. Bandung: pustaka setia
  2. Amalia Rizqi. 2012. Pengaruh Penerapan Teknik Jigsaw dalam Layanan Bimbingan Klasikal terhadap Pemahaman siswa mengenai disiplin sekolah. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta
  3. Arikunto Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian (suatu pendekatan praktek) Jakarta: Grasindo.
  4. Asmani Jamal Ma’mur. 2001 kiat-kiat mengatasi kenakalan remaja di sekolah. wonokerto: buku biru. Saifudin, Azwar. 2012. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Erlangga.
  5. Bambang P. dan Lina Miftahul J. 2006. MetodePenelitiankuantitatif. Jakarta: GrafindoPersada.
  6. Dariyo Agus. 2000 Memahami Psikologi Perkembangan Remaja. Jakarta, Universitas Taruma Negara.
  7. DEPDIKNAS. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka
  8. Hurlock B. Elisabeth. 2006 Perkembangan Anak jilid 1. Jakarta, Erlangga.
  9. Hurlock B. Elisabeth. 2006. Perkembangan Anak jilid 2. Jakarta, Erlangga.
  10. Maisaroh Sri. 2008. Sikap siswa Terhadap Peraturan Sekolah di SMA Muhamammadiyah 15 Jakarta Barat, Jakarta: Universitas Negeri Jakarta
  11. Nabilah. 2007. Studi Disiplin di Sekolah. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
  12. Nazar M. 1999.MetodePenelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
  13. Prijodarminto Soegeng. 2004.Disiplin Kiat Menuju Sukses. Jakarta,Pustaka Teknologi dan Informasi.
  14. Riyanto Yatim.
  15. 2001.MetodelogiPenelitianPendidikan. Surabaya: SIC.
  16. Santrock W John. 2007. Life Span Development Jilid II. Jakarta: Erlangga
  17. Santrock W John. 2007. Remaja Edisi Sebelas. Jakarta: Erlangga
  18. Soegeng P. 2005 . Disiplin Kiat Menuju Sukses. Jakarta: PustakaTeknologi dan Informasi
  19. Sudarsono. 2000 Kenakalan Remaja. Jakarta: Rineka Cipta.
  20. Suryosubroto. 20004. Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Jakarta : PT.Rineka Cipta.
  21. Thursan H. 2002. Belajar Secara Efektif . Jakarta: Puspa Swara.
  22. Yulia Singgih D. Gunarasa Dkk. 2007. Psikologi Remaja. Jakarta :Erl