Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui implementasi dan (2) keefektifan evaluasi model CIPP (conteks ,input, proses, product) pada layanan konseling individu di SMA Negeri Kabupaten Tegal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara dan angket. Teknik keabsahan data mengunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Data dianalisis dengan langkah data reduction, display, and conclusion drawing. Hasil analisis menyimpulkan bahwa evaluasi model CIPP dapat diimplementasikan pada layanan konseling individu di SMA Negeri Kabupaten Tegal. Evaluasi model CIPP terbukti efektif digunakan pada layanan konseling individu. Hal ini dilihat dari empat indikator tujuan evaluasi yaitu pada : (1)keeping track (2)checking up (3)finding out dan (4) summing up ; seluruh responden tidak ada satupun yang menyatakan “tidak sesuai” atau “kurang sesuai”. Hampir semua responden menyatakan “sesuai” dan sebagian kecil menyatakan “cukup sesuai” atau “sangat sesuai”.


 

Article Details

How to Cite
Hakim, L. (2023). Keefektifan Evaluasi Model CIPP Pada Layanan Konseling Individu Di SMA Negeri Kabupaten Tegal. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 85-91. https://doi.org/10.24905/jcose.v5i1.105

References

  1. Ananda, R., & Rafida, T. (2017). Pengantar evaluasi program pendidikan. In Perdana Publishing (Vol. 53, Issue 9).
  2. Ardimen. (2017). Evaluasi Kinerja Konselor Dalam Proses Konseling. Jurnal Bimbingan Konseling, 3.
  3. Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
  4. Asrul, Ananda, R., & Rosinta. (2018). Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Ciptapustaka Media.
  5. Badrujaman Aip. (2017). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keterlaksanaan Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Perspektif Ilmu Pendidikan, 26.
  6. Basukiyatno. (2018). Peranan Evaluasi Diri Dalam Pengembangan dan Penyelenggaraan Program Pendidikan Tenaga Kependidikan. Cakrawala.
  7. Bhakti, Y. B. (2017). Evaluasi Program Model CIPP Pada Proses Pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah.
  8. Chittenden, E. (2019). Authentic Assessment, Evaluation, and Documentation of Student Performance. Expanding Student Assessment.
  9. Darodjat dan Wahyudhiana M. (2017). Model Evaluasi Program Pendidikan. Islamadina, XIV, 1–28.
  10. Erlina, N., & Fitri, L. A. (2018). Penggunaan Konseling Individu Dengan Pendekatan Behavioral. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 03(1), 137–152.
  11. Fatchurahman, M. (2017). Konsep Dasar Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Multi Sindo
  12. Gunung, I. N., & Darma, I. K. (2018). Implementasi Evaluasi Program Model CIPP Untuk Mengukur Evektifitas Pelaksanaan Pembelajaran di Politeknik Negeri Bali.
  13. H. Prayitno. (2020). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : PT Rineka Cipta.
  14. Habibi, B. (2013). Budaya Organisasi, Kompensasi, dan Kompetensi Pedagogik Serta Pengaruhnya terhadap Kinerja Guru. Cakrawala: Jurnal Pendidikan,711.http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala/article
  15. Handaka, I. B. (2017). Pengembangan Model Evaluasi Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Profesionalisme Konselor. Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan Dan Menggembirakan, 2.
  16. Hartinah, S., & Basukiyatno. (2018). Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Dosen Tetap UPS Tegal. Cermin Majalah Ilmiah UPS Tegal
  17. Jaya, P. R. P., & Ndeot, F. (2018). Mengevaluasi Program Layanan Paud Holistik Integratif. PERNIK Jurnal PAUD, 1.
  18. Jibril, A. (2017). Efektivitas Program Perpuseru Diperpustakaan Umum Kabupaten Pemekasan. Jurnal Skripsi. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-ln2adb377f70full.pdf
  19. Junanto, S., & Kusna, N. A. A. (2018). Evaluasi Program Pembelajaran di PAUD Inklusi dengan Model Context, Input, Process, and Product (CIPP). Inklusi, 5. https://doi.org/10.14421/ijds.050202
  20. KBBI. (2020). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kamus versi online/daring. Kemendikbud.
  21. Kemendikbud. (2020). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas.
  22. Lazwardi, D. (2017). Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Di Tingkat Sekolah Dasar Dan Menengah. Kependidikan Islam, 7(2), 67–79. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh
  23. Lexy. J. Moleong. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
  24. Mahmudi, I. (2017). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal At-Ta’dib, 6.
  25. Munthe, A. P. (2018). Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan. Scholaria, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pelita Harapan Tangerang, 5.
  26. Muyasaroh, & Sutrisno. (2019). Pengembangan Instrumen Evaluasi Cipp Pada Program Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 18. https://doi.org/10.21831/pep.v18i2.2862
  27. Nuraeni, S. (2018). Evaluasi Program Bimbingan Konseling Individu di SMA Bina Muda Cicalengka Bandung Dengan Menggunakan CIPP. Tesis.
  28. Putri, A. E. (2019). Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling ; Sebuah Studi Pustaka. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 4.
  29. Stufflebeam, D. L., & Zhang, G. (2017). The CIPP Evaluation Model. In The CIPP Evaluation Model: How to Evaluate for Improveability and Accountability. The Guilford Press.
  30. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta Bandung.
  31. Sujadi, E. (2017). Konseling Pancawaskita untuk Membentuk Problem Focused Coping. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 3.
  32. Sukoco, K. . (2018). Kefektifan Pelaksanaan Program Layanan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Umum Kota Tegal. Cakrawala, 16.
  33. Suriswo, S. (2019). Studi Evaluatif Pada Pelaksanaan Kurikulum BK 2013 di Kota Tegal (Studi tentang Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada MGBKKota Tegal dalam Hal Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Kurikulum 2013). JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling. https://doi.org/10.24905/jcose.v2i1.47
  34. Susantri, A. E. (2018). Efektivitas Pelaksanaan Program Pelayanan Publik Plus di Kecamatan Kuranji Kota Padang. JESS (Journal of Education on Social Science), 2. https://doi.org/10.24036/jess/vol2-iss1/52
  35. Susongko, P. (2017). Penilaian Hasil Belajar. In Badan Penerbit Universitas Pancasakti Tegal.
  36. Syafarudin, M. P., Ahmad Syarqawi, S.Pd.I., M. P., & Dina Nadira Amelia Siahaan, S.Pd.I., M. P. (2019). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling Telaan Konsep, Teori dan Praktik.
  37. Wahidin. (2018). Efektivitas Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konseling Andi Matappa, 2.
  38. Widyatmoko, W., & Purwanta, E. (2019). Evaluasi Hasil Layanan Konseling Individual di Sekolah Menengah Atas Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 4. https://doi.org/10.17977/um001v4i32019p109