Main Article Content

Abstract

Beberapa sekolah di Indonesia sudah memiliki alternatif sekolah yang dapat membantu anak belajar sesuai dengan dirinya. Salah satunya yaitu melalui homeschooling. Penelitian ini dilakukan dengan metode mixed method yaitu dengan perpaduan data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari responden yang mengetahui adanya homeschooling dan perlunya layanan Bimbingan dan Konseling (BK) pada anak homeschooling. Sample responden berjumlah 20 orang yang mewakili dari keseluruhan responden yaitu masyarakat laki-laki dan perempuan dalam rentang usia 20 – 50 tahun yang berlokasi di Kota Tegal dan sekitarnya yang mengetahui keberadaan homeschooling. Pengambilan data dilakukan dalam rentang waktu dua bulan. Dari skala yang digunakan adalah jenis skala Lickert yang dianalisis menggunakan product moment dan Alpha Krombultz. Data kualitatif diperoleh dari keterangan yang disampaikan secara langsung oleh salah satu responden mengenai keberadaan layanan BK di homeschooling. Data kualitatif diperoleh dari deep interview. Dengan r Tabel 0,367 < dari r Hitung ada 26 butir item valid. Reliabilitas 0,871 dari 50 item. Hasil layanan BK di homeschooling sangat penting dilakukan mengingat anak-anak yang berada di homeschooling membutuhkan layanan untuk dapat menjadi pengembangan diri anak. Layanan BK yang dapat diberikan dapat berupa keterampilan, bakat dan minat dan akademik. Layanan BK disesuaikan dengan kondisi anak, dari cara penyampaian, metode dan teknik layanan dan tetap menedepankan asas kerahasiaan. Layanan BK yang diberikan pada segi keterampilan 34%, bakat dan minat 35% dan akademik 31%.

Keywords

anak berkebutuhan khusus disabilitas bakat dan minat keterampilan akademik

Article Details

How to Cite
dias, sesya. (2020). Alternatif Pengembangan Diri Anak Melalui Layanan BK di Homeschooling. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(02), 28-35. https://doi.org/10.24905/jcose.v2i02.57

References

  1. Creswell, John W. 2016. Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
  2. Cordner, A. (2012). The health care access and utilization of homeschooled children in the United States. Social Science & Medicine, 75(2), 269–273. https://doi.org/10.1016/J.SOCSCIMED.2012.02.002
  3. Engchun, R., Sungtong, E., & Haruthaithanasan, T. (2018). Homeschooling in Southern Thailand: Status and proposed guidelines for learning process management. Kasetsart Journal of Social Sciences, 39(3), 502–508. https://doi.org/10.1016/J.KJSS.2017.08.003
  4. Farenga, P. (2010). Homeschooling. International Encyclopedia of Education, 214–220. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-044894-7.01078-2
  5. Green-Hennessy, S. (2014). Homeschooled adolescents in the United States: Developmental outcomes. Journal of Adolescence, 37(4), 441–449. https://doi.org/10.1016/J.ADOLESCENCE.2014.03.007
  6. Korkmaz, H., & Duman, G. (2014). Public Understanding about Homeschooling: A Preliminary Study. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 3891–3897. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2014.01.861
  7. Lowe, N. K. (2020). Reflections on COVID-19. Journal of Obstetric, Gynecologic & Neonatal Nursing. https://doi.org/10.1016/J.JOGN.2020.04.002
  8. Manago, B., Davis, J. L., & Goar, C. (2017). Discourse in Action: Parents’ use of medical and social models to resist disability stigma. Social Science & Medicine, 184, 169–177. https://doi.org/10.1016/J.SOCSCIMED.2017.05.015
  9. McCoy, J. D., Painter, J. E., & Jacobsen, K. H. (2019). Perceptions of vaccination within a Christian homeschooling community in Pennsylvania. Vaccine, 37(38), 5770–5776. https://doi.org/10.1016/J.VACCINE.2018.09.036
  10. Mulyadi, S., Basuki, A. M. H., & Rahardjo, W. (2016). Student’s Tutorial System Perception, Academic Self-Efficacy, and Creativity Effects on Self-Regulated Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 217, 598–602. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2016.02.059
  11. Mulyadi, S., Rahardjo, W., & Basuki, A. M. H. (2016). The Role of Parent-child Relationship, Self-esteem, Academic Self-efficacy to Academic Stress. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 217, 603–608. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2016.02.063
  12. Neuman, A., & Guterman, O. (2016). Academic achievements and homeschooling—It all depends on the goals. Studies in Educational Evaluation, 51, 1–6. https://doi.org/10.1016/J.STUEDUC.2016.08.005
  13. Radchenko, A. (2014). On the Social Environment of Child Development. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 146, 283–289. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2014.08.130
  14. Regber, S., Dahlgren, J., & Janson, S. (2018). Neglected children with severe obesity have a right to health: Is foster home an alternative?—A qualitative study. Child Abuse & Neglect, 83, 106–119. https://doi.org/10.1016/J.CHIABU.2018.07.006
  15. Rolina, N. (2014). Developing Responsibility Character for University Student in ECE through Project Method. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 123, 170–174. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2014.01.1411
  16. Vaughn, M. G., Salas-Wright, C. P., Kremer, K. P., Maynard, B. R., Roberts, G., & Vaughn, S. (2015). Are homeschooled adolescents less likely to use alcohol, tobacco, and other drugs? Drug and Alcohol Dependence, 155, 97–104. https://doi.org/10.1016/J.DRUGALCDEP.2015.08.010

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'