Main Article Content

Abstract

Tujuan khusus dari penelitian ini adalah mengevaluasi tentang Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada MGBK Kota Tegal dalam Hal Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Kurikulum 2013. Pada setiap kurikulum, evaluasi menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan, mengingat evaluasi sebagai salah satu alat untuk menilai dan mengukur tingkat kemampuan peserta didik di samping memahami perubahan-perubahan yang terjadi pada keseharian siswa. Kurikulum 2013 mengisyaratkan penting sistem penilaian diri, dimana peserta didik dapat menilai kemampuannya sendiri. Sistem penilaian mengacu pada tiga (3) aspek penting, yakni: knowlidge, skill dan Attitude. Berdasarkan permasalahan di atas, peneliti tertarik untuk meneliti untuk Pelaksanaan Kurikulum 2013 oleh Guru BK SMP pada MGBK Kota Tegal dalam Hal Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Kurikulum 2013. Desain kegiatan evaluasi program dalam bahasan ini menggunakan model CIPP dengan rancangan penelitian evaluasi kualitatif yang bersifat deskriptif, pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologik, yaitu memungkinkan untuk mengungkap realita yang mendeskripsikan situasi secara komprehensif dengan konteks yang sesungguhnya tentang efektifitas pelaksanaan kurikulum BK 2013 di Kota Tegal.

Keywords

Manajemen Kurikulum Kurikulum 2013

Article Details

How to Cite
suriswo, suriswo. (2019). Studi Evaluatif Pada Pelaksanaan Kurikulum BK 2013 di Kota Tegal (Studi tentang Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada MGBKKota Tegal dalam Hal Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Kurikulum 2013). JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 1-10. https://doi.org/10.24905/jcose.v2i1.47